Pulihkan Ekonomi di Luwu Utara, Pemprov Sulsel Siapkan Rp40 Miliar

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Luwu Utara – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, memberikan kabar gembira di acara peringatan 22 Tahun Kabupaten Luwu Utara, Selasa, 27 April 2021.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akan menggelontorkan anggaran senilai Rp40 miliar untuk tahun anggaran 2021, untuk pembangunan infrastruktur, jembatan dan upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca Juga

“Alhamdulillah di tahun ini direncanakan ada Rp 40 miliar dana yang masuk di Luwu Utara. Mudah-mudahan di bantuan keuangan, kita juga bisa masukkan (gelontorkan),” ungkap Andi Sudirman, saat menghadiri Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Luwu Utara ke 22 tahun.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan, Bupati dan Ketua DPRD Lutra senantiasa berkoordinasi dengan Pemprov Sulsel.

“Luar biasa, saya juga senang koordinasi dari Bupati dan Ketua DPRD Lutra. Kita sama-sama kolaborasi, inilah pentingnya koordinasi bersama,” katanya.

Ia mengaku pentingnya koordinasi dan sinergitas dalam upaya pemulihan untuk daerah yang dijuluki Bumi Lamaranginang pascabanjir bandang pada Juli 2020 lalu.

“Inilah kita mau sinergikan bersama. Bagaimana mendukung pembangunan di Kabupaten Luwu Utara, mendorong upaya untuk membantu pemulihan ekonomi yang secara khusus melalui refocusing anggaran. Saya menekankan untuk fokus pada Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), kemiskinan, pertanian, perkebunan, stunting, dan bangkitkan padat karya. Mari kita terus berinovasi, dengan memastikan uang negara untuk masyarakat, dan digunakan untuk kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Ia mengapresiasi Bupati Lutra dan jajarannya, atas respon cepat dalam mengatasi dampak bencana alam yang melanda masayarakat Lutra beberapa waktu lalu. Ini contoh sinergi dan kolaborasi yang baik antara Pemda, Pemprov, dan Pemerintah Pusat, dalam menyediakan hunian tetap yang telah difungsikan dan dapat digunakan oleh korban bencana.

“22 tahun Kabupaten Luwu Utara kita berharap dapat berkomitmen untuk bekerja nyata dan bekerjasama melalui sinergi dan kolaborasi dalam mewujudkan Luwu Utara yang lebih baik,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menuturkan, atas nama pemerintah dan masyarakat Luwu Utara menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

“Dengan kita bersatu padu diharapkan menjadi pemicu untuk saling menguatkan satu sama lain, bergandengan tangan, serta bahu membahu menuju Luwu Utara yang maju, mandiri dan harmonis,” ucapnya.

Indah pun melaporkan situasi terkini pasca banjir bandang. Dimana bencana alam sembilan bulan lalu itu membuat kerugian korban jiwa maupun infrastruktur dan fasilitas umum lainnya. Ia pun menghaturkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian maupun dukungan Pemprov Sulsel dalam pemulihan pasca bencana alam ini.

Bupati Lutra mengakui, Pemprov Sulsel memberikan perhatian untuk pembangunan di wilayah pegunungan dan terisolir. Salah satunya pembukaan akses jalan di Seko.

Diketahui, mengusung tema “Kolaborasi Luwu Utara Bangkit”, pelaksanaan peringatan 22 tahun Kabupaten Luwu Utara ini dilakukan secara sederhana, mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Rapat paripurna dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Luwu Utara, Basir. Turut hadir Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur; Pimpinan dan Anggota DPRD Lutra; Forkopimda Lutra; Sekda Lutra; Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel; dan Kepala OPD Lingkup Pemkab Lutra. (*)

Jangan Lewatkan