Empat Nakes yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 Bekerja di Klinik Swasta

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Pangkep – Positif Covid-19 di Kabupaten Pangkep bertambah lagi empat orang, sehingga total kasus Covid-19 di Kabupaten ini menjadi 40 orang.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Annas Ahmad di Posko Tim Gugus, Jl Flamboyan, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Jumat (19/6/2020) malam.

Baca Juga

“Terjadi lagi penambahan empat kasus, sehingga per hari ini, jumlah kasus positif di Kabupaten Pangkep sebanyak 40 kasus,” ungkap Direktur Rumah Sakit Batara Siang ini.

Lanjut diterangkan, dari 40 kasus Covid-19 tersebut, tercatat 10 masih dirawat di Rumah Sakit, 11 isolasi mandiri, 18 sembuh, dan 1 meninggal dunia.

“Untuk empat kasus tambahan Covid-19 pada hari ini terdiri dari seorang laki-laki (42), perempuan (43), keduanya merupakan pasangan suami istri yang berasal dari Paddoang-doangan,”

“Selanjutnya, seorang laki-laki (38) dari Kelurahan Bontokio, dan yang keempat perempuan (28) dari Tonasa 1,” beber dr Annas.

Dikatakan, dampak dari penambahan empat kasus ini, pihaknya akan melakukan penutupan salah satu klinik swasta di Pangkep, lantaran keempat orang tersebut merupakan tenaga kesehatan (Nakes).

“Kita ketahui 4 orang ini bekerja di salah satu klinik swasta yang cukup terkenal di kabupaten Pangkep. Ini juga berdampak pada beberapa kondisi di rumah sakit karena diketahui ada beberapa staf rumah sakit yang bekerja di klinik tersebut,” kata dia.

Kendati demikian, pihaknya telah tracking, pemeriksaan Swab kepada seluruh petugas IGD RSUD Batara Siang yang berjumlah 55 orang.

“Insya Allah, hasilnya kita dapatkan besok malam dengan harapan semua negatif, agar layanan IGD Rumah Sakit Batara Siang dapat kembali berjalan maksimal seperti biasa,” ucap Annas.

Meski demikian, ia pastikan tidak ada penutupan IGD, meskipun pelayanan tidak semaksimal seperti biasa karena jumlah petugas sangat minim hingga menunggu hasil Swab tersebut.

“Jika hasilnya negatif, maka semua (petugas IGD) akan kita aktifkan kembali, kecuali yang terkonfirmasi positif, akan kita lakukan tindakan medis sesuai penanganan Protap Covid-19,” terang dia.

Pada kesempatan ini, ia kembali mengimbau warga Pangkep untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Ingat, wajib gunakan masker saat berada di luar rumah, jaga jarak antar sesama karena kita ketahui bersama penularan Covid-19 melalui droplets jarak minimal 1 meter,”

“Kemudian membiasakan diri mencuci tangan dan yang paling penting adalah menjaga kesehatan masing-masing individu,” tutup Annas.

Sekadar diketahui, keempat pasien tersebut merupakan hasil pemeriksaan tracking dari pasien positif tenaga medis di Rumah Sakit Batara Siang Pangkep.

Penulis: Ismail K

Disarankan Untuk Anda :