Evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung se-Kabupaten Merauke Digelar

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Merauke – Evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kampung se-Kabupaten Merauke digelar selama 5 hari yang dimulai sejak Selasa, 5 November hingga Sabtu, 9 November 2019 bertempat di ruang rapat BAPPEDA dan LITBANG Kabupaten Merauke.

Selama 5 hari ini, Tim Evaluasi RPJMK yang terdiri dari Bappeda dan Litbang, BPMK dan Tim Ahli mengevaluasi sebanyak 110 RPJMK dari 170 kampung yang ada di Kabupaten Merauke.

Baca Juga

Dalam arahan Kepala Seksi Perencanaan Bappeda Kabupaten Merauke, Ezau Hambore menyampaikan bahwa perlu kesesuaian dokumen rencana pembangunan jangka menengah kampung dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah.

“Evaluasi ini merupakan upaya untuk menyelaraskan dokumen perencanaan kampung dengan dokumen perencanaan Kabupaten Merauke,” ujar Ezau dihadapan para kepala kampung, Rabu (6/11/2019).

Selanjutnya Sam Atbar salah satu Tim Ahli menyampaikan bahwa perlu kesesuaian data dengan keadaan kampung sehingga dokumen yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan.

“Untuk menghasilkan sebuah dokumen perencanaan kampung yang baik harus diawali dengan analisis keadaan kampung sehingga dokumen tersebut dapat diberi bobot untuk pembangunan di kampung,” kata Sam Atbar.

Ditambahkan pula oleh Damianus Katayu yang juga adalah Tim Ahli bahwa perlu adanya sinkronisasi antar RPJMK dan RPJMD sehingga APBK dapat tercapai.

Monay follow program, sehingga APBK yang merupakan muara dari proses perencanaan yang termuat dalam dokumen perencanaan dapat tercapai maka perlu sinkronisasi dokumen perencanaan antar RPJMK dan RPJMD Kabupaten Merauke sehingga dapatlah tercapai harapan Bapak Bupati dalam masa kepemimpinannya,” kata dia.

Pernyataan ini dipertegas oleh Guntur Ohoiwutun yang juga salah satu Tim Ahli menyampaikan bahwa dalam peraturan perundang-undangan yang ada telah menetapkan secara tegas bahwa RPJMK dan RKP merupakan satu-satunya dokumen perencanaan di kampung.

“Sudah secara tegas dalam Peraturan Desa dan diperjelas dengan peraturan Bupati Merauke dinyatakan sejara jelas tahapan dan acuan membuatan RPJMK,” kata Guntur Ohoiwutun.

Harapan dari kegiatan evaluasi RPJMK ini agar capaian indikator RPJMK dapat dicapai dengan baik.

 

Disarankan Untuk Anda