Kembangkan Program “Gasa Ino”, Diskominfo Gelar Workshop di Tabaru

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Jailolo Halmahera Barat – Konsep Gerakan Sadar Informasi (Gasa Ino) yang dicetuskan oleh Kepala Dinas Kominfo, Kehumasan, Statistik dan Persandian (Kadis Kominfo) Halmahera Barat (Halbar) Chuzaemah Djauhar, terus dikembangkan hingga di Kecamatan Tabaru.

Pasalnya, konsep Gasa Ino yang merupakan salah satu program proyek perubahan untuk Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II yang digagas oleh Chuzaemah Djauhar, juga sebagai resformer mendapat respon baik dari masyarakat, saat menggelar Worskhop di Kantor Desa Borona, Kecamatan Tabaru, Kamis (01/10/2020).

Baca Juga

“Workshop yang kita gelar hari ini (kemarin) untuk menyatukan pemahaman tentang penyampaian informasi yang baik dan benar, karena Gasa Ino yang dicetuskan oleh Ibu Kadis Kominfo merupakan sebuah gagasan baru dalam menyatukan presepsi dalam penyampaian informasi,” ungkap Sekretaris Kominfo Sahmi Salim saat mewakili Kadiskominfo Chuzaemah di acara Worskhop.

Sahmi menambahkan, gagasan Gasa Ino ini dimaksudkan adalah mengajak orang membawa informasi dengan baik, sehingga strategi Gasa Ino kedepan untuk menekan angka informasi hoax, sehingga masyarakat juga bisa menjadi terbiasa mengkonsumsi informasi yang benar dan baik.

“Kita akan membentuk kelompok-kelompok di kecamatan, agar informasi dari Pemda hingga ke desa tidak lagi dipelintir dan begitu juga informasi dari desa ke kabupaten,” katanya.

Kegiatan workshop sendiri, kata Sahmi, akan dilakukan di empat kecamatan, yakni Sahu, Sahu Timur, Jailolo Selatan dan Tabaru dan saat ini kegiatan workshop, telah dilakukan di Kecamatan Sahu, Sahu Timur dan Tabaru, sehingga tinggal satu kecamatan lagi, yakni Jalsel.

”Manfaat Gasa Ino untuk jangka pendek menciptakan tubuh pemerintahan yang good Governance, dan gagasan ini akan diimplementasikan sebagai program jangka panjang dan akan dijadikan program paten di Diskominfo,” pungkasnya.

Setelah kegiatan workshop selesai, tim Gasa Ino langsung membentuk tim Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Tabaru, sehingga tugas KIM kedepan akan menyaring dan memperluas informasi dari Pemkab, kecamatan dan desa.

Kegiatan workshop sendiri menghadirkan narasumber dari Polres Halbar yang dihadiri Kanit Cyber Ipda Ratno Ratulangi, Sekretaris Dinas Kominfo Sahmi Salim, serta peserta yang jumlahnya kurang lebih 16 orang. (MH)

Berita Menarik Lainnya