Misteri Toyota Model AA Buatan 1936

  • Whatsapp
Toyota Model AA Buatan 1936. (Dok Istimewa)

SimpulRakyat.co.id – Mobil ini begitu istimewa, dia mungkin satu satunya di dunia yang terselamatkan dari daur ulang ataupun perang. Saat ini dia menjadi koleksi Louwman Museum, Den Haag.

Ya, Toyota model AA buatan 1936 ini ditemukan pada 2008 yang lalu. Berawal dari informasi yang menyebutkan bahwa di sebuah desa di pelosok Siberia ada sebuah mobil tua yang tak terawat.

Baca Juga

Mobil ini milik seorang pensiunan kolonel tentara Rusia yang telah lama meninggal. Pihak Museum Louwman pun segera mengecek keberadaan mobil tersebut dan mengecek kondisi mobil.

Ternyata, Toyota model AA ini asli. Kisahnya berawal dari Konsulat Militer Jepang yang bertugas di Berlin saat perang dunia ke 2. Mobil ini adalah mobil milik Horoshi Oshima yang ditugaskan di Jerman.

Saat tentara Red Army memasuki Berlin pada bulan Maret 1945 mobil ini dibawa si Kolonel Rusia yang saat itu masih berpangkat Letnan.

Mungkin sebagai souvenir perang, atau rampasan perang?

Hingga si Kolonel meninggal, mobil tersebut tak pernah berpindah tempat, artinya hanya menjadi penghuni gudang. Tak terlalu rumit pihak Museum Louwman mendapatkan mobil tersebut. Ternyata ahli waris si Kolonel mau melepasnya dengan satu unit Lada terbaru saat itu.

Pemberitaan heboh tentang penemuan Toyota model AA ini akhirnya terdengar oleh pihak Toyota Motors Corp. Jepang. Terlebih lagi museum Toyota di Nagoya hanya memiliki sebuah replikanya bukan aslinya.

Sempat ada penawaran dari pihak Museum Toyota kepada pihak Louwman, namun penawaran berakhir dengan buntu. Toyota Model AA ini begitu penting buat Toyota Corp. mobil ini adalah mobil pertama yang diproduksi secara massal yang merupakan tonggak sejarah perusahaan hingga mereka kenjadi raksasa Otomotif Dunia.

Sementara itu, majalah Octane yang membahas mobil ini dengan versi yang berbeda.

Dalam majalah tersebut tidak disebut satupun tentang Horoshi Oshima. Kalau di Octane dijelaskan si pemilik yang merupakan mantan tentara yang bertugas di Manchuria. Kemungkinan dari sana mobil ini diambil.

Mobil ini terus digunakan sehari-hari. Mesin, suspensi, ban diganti dengan truk Rusia. Ketika mobil ini sudah digudangkan, kemudian diiklankan sebagai Chevrolet dan ditemukan tim Museum Louwman.

Karena bentuknya yang aneh maka dilakukan penelitian. Akhirnya diketahui ini mobil Toyota AA. Berhubung keluarga Louwman adalah salah satu dealer Toyota di Belanda.

Tapi ada masalah, benda-benda tua itu sulit diekspor keluar Rusia. Maka harus dilakukan pendekatan agar mobil ini bisa keluar dan bukan relik budaya.

Mobil ini diperlihatkan ke Toyota dan mereka mengkonfirmasi keaslian mobil ini. Ada beberapa hal yang berbeda seperti bentuk bagasi yang tidak landai. (**)

Disarankan Untuk Anda