Jelang Pelantikan, JOIN Luwu Target Ratusan Pegiat Literasi

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Luwu – Sehubungan dengan diadakannya Pelantikan dan Pelatihan Dasar Jurnalis 2019 se- Kabupaten Luwu, Dewan Pengurus Daera (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Luwu pada bulan oktober 2019 menadatang.

Tim panitia yang terbentuk telah dipersiapkan beberapa item kegiatan sebelum tanggal penetapan pelaksaan.

Muat Lebih

“Kami sudah mempersiapkan kegiatan ini dari dua bulan sebelum penetapan tanggal yang disepakati oleh DPW JOIN Sulsel kepada DPD JOIN Luwu’’.

Tambah Ketua Pelaksana, Irwan Gunawan menjelaskan “selain penetapan tanggal, kami juga melakukan beberapa resavel keanggotaan. Sebab menurutnya ini adalah event pertama. Jadi kami benar-benar mencari tim-tim yang konsisten dan berkomitmen untuk mensukseskan kegiatan ini,’’ ungkap Irwan.

Selain itu, Kegiatan tersebut bakal mengangkat tema Peran Pers Dalam Pembangunan dan Pemerintah dimata Rakyat, yang dimana akan dikemas dalam bentuk “Diskusi Publik dan Aksi Tutup Mulut”.

“Peserta yang kami harapkan, itu berasal dari kalangan umum dan non Jurnalis atau Wartawan, sekiranya bisa dibarengi dengan nilai-nilai edukasi diduani karya Jurnalis atau Wartawan. Untuk pesertanya sendiri yang kami targetkan sebanyak 250 Orang atau Peserta. Insyah Allah, kami yakin pencapaian target tersebut akan kami raih nantinya,” Kunci Ketua Pelaksana Irwan Gunawan.

Terpisah, Ketua DPD JOIN Luwu Zainuddin Bundu Saoda alias Ajis yang disapa pada kalangan pers menjelaskan tujuan dari adanya pelantikan dan pelatihan yang dikonsep sebelumnya oleh divisi-divisi JOIN LUWU.

‘’Ia, kami sengaja membuat konsep dengan menargetkan peserta sebanyak 250 orang dari berbagai kalayak umum, dan bukan peserta yang berprofesi dari Jurnalis/Wartawan,’’ Kata Ketua DPD JOIN LUWU Zainuddin Bundu.

Tak hanya itu, ia juga menegaskan dengan adanya kegiatan dimaksud dan bertujuan untuk menciptakan transparansi publik maupun fungsi pers dalam pengawasan sebagai Pilar Ke 4 Demokrasi.

‘’hal ini kami lakukan, karena kami melihat kurang adanya ketidaktahuan masyarakat Sulawesi Selatan dan khususnya di Kabupaten Luwu memaknai benar perans Per situ sendiri. Sehingga dengan adanya dengan adanya Pelantikan dan Pelatihan nantinya. Masyarakat dapat memahami kerja-kerja pers/jurnalis,” jelas Ajis sapaan akrabnya.

Adapun kegiatan yang di helat dalam Pelatihan Dasar Jurnalistik 2019 se- Kabupaten Luwu pada oktober mendatang, antara lain. Aksi Tutup Mulut, Diskusi Publik, Games dan Doorprize yang disiapkan panitia.

Selain teknis kegiatan yang disebut, panitia juga sudah membuka pendaftaran sejak 5 September hingga pertengahan oktober 2019 mendatang.

Dengan waktu pendaftaran yang relatif panjang diharapkan para calon peserta tidak terburu-buru dalam mendaftar, supaya dapat terlebih dahulu mempersiapkan dan memantapkan diri pada kegiatan dimaksud. (*)

Pos terkait