Disnaker Makassar Mencari Anak Magang ke Jepang. Ini Persyaratannya

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Makassar – Mau dapat pengalaman magang di luar negeri dan sukses? Jangan khawatir, Kini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) saat ini membuka peluang magang ke Jepang.

Kemnaker telah bekerja sama dengan IM Jepang sejak 1993, dalam beberapa bidang magang seperti manfaktur, pengecoran, pengelasan, pemasangan alat kontruksi, pengolahan makanan ikan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga

Namun untuk wilayah kota Makassar, Dinas Ketenagakerjaan kota Makassar (Disnaker) telah membuka kesempatan bagi pemuda-pemudi mencari kerja di kota Makassar sebagai peserta magang ke Jepang.

Selain itu, meskipun harus menjalani program magang selama 3 tahun, para pemagang juga akan mendapatkan sertifikat keahlian setelahnya.

Tidak hanya itu, para pemagang juga akan mendapatkan asuransi kesehatan, kecelakaan kerja dan kematian, serta monitor rutin oleh pihak IM Jepang.

Mereka juga akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti tempat tinggal, fasilitas memasak, dan transportasi. Yang terpenting, para pemagang juga akan mendapatkan tunjangan yang akan diterima setiap bulannya.

Sementara, untuk mengikuti program magang tersebut para peserta harus memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya persyaratan khusus bagi pria dan wanita minimal Lulusan SMA/SMK/Sederajat, usia Minimal 18 tahun (bagi lulusan SMK Teknik) dan Maksimal 26 Tahun (saat test seleksi)
usia Minimal 19 Tahun 6 Bulan (bagi lulusan SMA) dan Maksimal 26 Tahun (saat test seleksi).

Dan untuk persyaratan administrasi, diantaranya yakni;
-Surat Lamaran Kerja
-KTP (Makassar) masa berlaku minimal 2 tahun atau KTP luar Makassar dengan syarat ada Rekomendasi yang di tanda tangani Kepala Dinas Ketenagakerjaan setempat.
-Kartu Keluarga (KK)
-Sertifikat latihan kerja minimal 160 jam pelajaran bagi lulusan Non Teknik. Bagi lulusan SMK/DIII/DIV/S1 Teknik bagi Pria/Wanita (mesin, otomotif, listrik, elektronika, las, teknik industri, bangunan, juru gambar, kimia, teknik jaringan komputer TIDAK dipersyaratkan) dan Perawat (Nurse) bagi Wanita
– Ijazah SD sampai dengan pendidikan terakhir.
-Surat izin orang tua/wali/istri/suami
-Surat rekomendasi dari Lurah
-Pas Photo 4×6 dan 3×4 berwarna merah sebanyak 5 lembar
-Foto Keluarga latar belakang Rumah Ukuran 5R sebanyak 3 lembar.

Sebagai catatan, semua berkas persyaratan tersebut dimasukkan ke dalam Map;
1. S1 = Map Merah
2. D3. = Map Kuning
3. SMA/SMK = Map Biru
-Bahan yang diserahkan dalam bentuk foto copy boleh tanpa legalisir
-Sedangkan semua Berkas Asli dibawa pada saat seleksi dilaksanakan.

Selain itu, adapula persyaratan Kesamaptaan, seperti tinggi badan minimal 160 cm bagi Pria dan 150 cm bagi Wanita, berat badan minimal 50 Kg bagi Pria dan 40 Kg bagi Wanita (Tinggi Badan – 110 = Berat Badan) dan tidak ada cacat tubuh, termasuk proporsi bentuk tubuh.

Adapun pada tahap seleksi, yakni Tes Matematika Dasar, mampu mengerjakan 20 soal dalam 15 menit dan minimal benar 14 soal. Tes Ketahanan Fisik yakni lari 3 km dalam waktu 15 menit bagi Pria dan 1,5 Km dalam waktu 10 menit bagi Wanita, Push up sebanyak 35 kali bagi Pria dan 20 kali bagi Wanita dan Sit Up sebanyak 25 kali bagi Pria dan 15 kali bagi Wanita.

Pada Tahap Selanjutnya, yakni tes wawancara dengan beberapa penilaian seputar performance, wawasan, pengetahuan umum dan kemampuan verbal.

Setelahnya, tes kesehatan (Medical Check Up)
yang dilakukan oleh rumah sakit/laboratorium klinik yang telah diakui oleh Kemnaker R.I, IM Japan terdiri dari : Pemeriksaan darah, urine, mata, faeses, paru-paru, narkoba, asam urat, ginjal, HIV/AIDS dll

Sebelum akhirnya memasuki tahap terakhir yakni test Bahasa Jepang. Dimana peserta akan diberikan kursus Bahasa Jepang bagi 150 orang pendaftar Pertama secara gratis yang materinya adalah Hiragana, Katagana, Kata Benda, Kata Kerja, Kata Sifat, kosa kata dan tata bahasa, sebelum mengikuti tahapan tes.

Sebagai cacatan penilaian akhir, seluruh tahapan tersebut berlaku sistem gugur. Sebelum akhirnya diberikan kursus gratis Matematika, Kesamaptaan, Ketahanan Fisik, dan Wawancara sebelum mengikuti tahapan tes.

Bagi para peserta yang lolos, kemudian diarahkan untuk membuat pasport setelah dinyatakan lulus tes bahasa Jepang dan sebelum memasuki pelatihan pra pemberangkatan tahap I yaitu, Pasport 48 Halaman, dengan masa berlaku 5 tahun.(*)

Disarankan Untuk Anda