Danlantamal VI Makassar Hadiri Pemusnahan Ratusan Balpres dan Rokok Ilegal di Nalal Kendari

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Kendari – Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI Makassar (Danlantamal VI), Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas, bersama Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH, turut hadir dan menyaksikan jalannya acara pemusnahan jutaan rokok illegal dan ratusan balpres hasil penindakan Bea Cukai Kendari yang berlangsung di Mako Lanal Kendari Sultra pada hari Kamis kemarin, Jum’at (27/09/19).

Danlantamal VI mengatakan pemusnahan rokok illegal dan balpres tersebut merupakan wujud kegiatan sinergitas untuk memberantas kejahatan melalui jalur laut.

“Kita sangat konsisten memberantas tindak kejahatan di wilayah yang melalui jalur Laut, TNI AL juga bersinergi dengan aparat di daerah untuk memberantas kejahatan,” kata Hanarko Djodi Pamungkas

Lebih lanjut dikatakan, untuk balpres yang dimusnahkan di Mako Lanal Kendari ini adalah hasil penangkapan kapal KLM Bumi Lestari pada 17 Januari 2019 lalu.

“Penindakan waktu itu dapat berhasil karena koordinasi yang baik antara instansi dari unsur TNI maupun Kepolisian, khususnya Lanal Kendari ikut mengawal penarikan kapal dan barang bukti dari Wakatobi ke Kendari,” ujar Danlantamal VI.

Acara pemusnahan Barang ilegal tersebut ditandai dengan pembakaran barang bukti secara simbolis dan penyerahan piagam penghargaan oleh Gubernur Sultra kepada Danlantamal VI Makassar, Danlanal Kendari, Dandim 1413 Buton, Dantim Intel Lantamal VI Makassar, Dan KAL Labengi Danramil 1413-14 Wangi-wangi, Danunit Taktis Tim Intel Lantamal VI Makassar, serta 3 personel Posal Wangi-Wangi.

Sementara itu, Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna, menjelaskan dalam pemusnahan jutaan batang rokok illegal dan ratusan balpres berjumlah 960 bales yang terdiri dari 292 bales pakaian bekas dan 385 bales sepatu bekas tersebut dihadiri pula oleh penegak hukum sipil dan militer wilayah Kota Kendari.

Selain itu, Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna juga menghadiri pemusnahan barang illegal, Danlantamal VI juga melaksanakan peninjauan proyek pembangunan dermaga dan Mako Lanal Kendari serta peninjauan Balai Kesehatan Lanal Kendari.

Turut hadir pula dalam pemusnahan barang llegal tersebut, Ketua DPRD Sultra, Kepala BNNP Sultra, Danrem 143/HO, Danlanud Haluoleo, Dantim Intel Lantamal VI, Dir Binmas Polda Sultra, Kakanwil DJBC Sulselrabar, Dandim 1413/Buton, para penegak hukum milter dan sipil serta sejumlah undangan lainnya.(*)

Jangan Lewatkan