Berikut Keunggulan Sepeda Listrik yang Wajib Diketahui

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id – Sesuai dengan namanya, sepeda listrik menggunakan motor elektrik untuk menghasilkan daya. Pada umumnya, sepeda listrik hadir dengan pedal yang bisa kamu gunakan sebagai bantuan untuk melajukannya.

Namun, ada pula beberapa jenis sepeda listrik yang hanya mengandalkan pada motornya saja. Tentunya sepeda listrik sangat ideal digunakan untuk bersepeda dengan gaya santai dan mudah, terlebih di kawasan dengan medan yang curam.
Biasanya sepeda listrik ditenagai dengan baterai tipe lithium, sementara motornya terdiri dari berbagai jenis, seperti motor brushless, motor DC, dan motor AC.

Lantas, seperti apakah keunggulan dari sepeda listrik? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Ramah Lingkungan
Keunggulan pertama dari sepeda listrik yang harus kamu ketahui, yakni ramah lingkungan. Hal itu bukan tanpa alasan, karena sepeda listrik beroperasi dengan menggunakan motor elektrik dan baterai yang bisa diisi ulang. Tentu saja hal tersebut tidak akan menghasilkan emisi berbahaya ke atmosfer. Ya, tak seperti sepeda motor yang menggunakan bahan bakar bensin maupun diesel.

2. Lebih Hemat Biaya
Jika dibandingkan dengan sepeda motor yang berbahan bakar bensin, sepeda listrik sudah terbukti lebih hemat dari segi biaya operasi. Bagaimana tidak hemat? Sebab kamu hanya tinggal mengisi daya baterai sepeda listrik, sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan uang.

3. Mudah Digunakan
Sepeda listrik sangat cocok digunakan oleh semua kalangan, bahkan untuk pemula sekalipun. Pasalnya, sepeda listrik memang mudah digunakan. Tak seperti sepeda motor bensin, yang mana pemula kerap mengalami kesulitan saat menggunakannya.

4. Tidak Perlu Membuat SIM
Menurut informasi yang didapat, sepeda listrik ini dikategorikan sebagai kendaraan yang berupa sepeda. Itu artinya, kamu bisa menggunakan sepeda listrik ke jalan raya tanpa harus dilengkapi dengan Surat Izin Mengemudi (SIM). Sehingga tak heran jika sepeda listrik kerap dijadikan solusi bagi mereka yang belum memiliki SIM.

5. Memiliki Bodi yang Ramping
Dikarenakan memiliki bodi yang lebih ramping dari motor pada umumnya, tentu saja hal ini dapat memudahkanmu saat parkir di tempat sempit. Bahkan, wanita sekalipun tidak akan terlalu kesulitan saat hendak memindahkan posisi sepeda listrik.

6. Tingkat Kebisingan yang Rendah
Inilah yang menjadi alasan utama, mengapa sepeda listrik lebih ramah lingkungan ketimbang sepeda motor yang berbahan bakar bensin.

Pasalnya, sepeda listrik memiliki tingkat kebisingan yang sangat rendah sehingga tidak akan mengganggu orang-orang di lingkungan sekitar.

7. Bagus Bagi Kesehatan Tubuh
Keunggulan berikutnya dari sepeda listrik yang akan dibahas, yakni bagus untuk kesehatan tubuh. Dengan bersepeda listrik secara rutin dan teratur, maka hal ini dapat melatih kekuatan otot kaki dan bahu.

Komponen Pada Sepeda Listrik
• Dinamo: biasanya sepeda listrik yang berdaya 200 watt- 1000 watt mampu mengeluarkan torsi tinggi secara mudah
• Baterai: sebagian besar sepeda listrik dibekali dengan baterai tipe Lithium-lon
• Throttle: Fitur yang satu ini berfungsi untuk mengontrol jumlah daya pada sepeda listrik
• Controller: berfungsi sebagai pengubah tegangan DC menjadi arus bolak-balik 3 fasa
• Sensor torsi: berfungsi untuk mengontrol daya motor dengan pedal, sehingga dapat mendeteksi jika ada energi tambahan
• Rem: untuk sistem pengereman, biasanya sepeda listrik mengusung sensor E-brake. Sehingga toris yang dihasilkannya menjadi lebih kuat.

Nah, itu dia beberapa keunggulan dari sepeda listrik yang akan kamu dapatkan.

Jangan Lewatkan