Ini Dampak Gerhana Matahari Hibrida yang Disaksikan Masyarakat Sidrap

  • Whatsapp
Gerhana Matahari Hibrida. (Dok: Satry/SimpulRakyat.co.id).

SimpulRakyat.co.id, Sidrap – Fenomena gerhana matahari Hibrida yang terjadi pada Kamis (20/04/2023) teramati oleh masyarakat Sidrap dan sekitarnya.

Warga mengamati fenomena ini dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan lensa atau alat pembantu untuk melihat kejadian tersebut.

Baca Juga

“Sebuah fenomena alam yang menarik untuk diamati, saya barusan melihat seperti ini apalagi bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan dan semoga ini pertanda baik,” ungkap seorang warga.

Di sejumlah masjid di Kabupaten Sidrap digelar pula salat gerhana karena ini merupakan amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Salat sunnah tersebut diamalkan dengan tujuan mengagumi keagungan Allah SWT atas penciptaan matahari dan bulan. Salat gerhana juga ditujukan sebagai penghadiran rasa takut kepada Allah SWT.

“Fenomena ini merupakan kekuasaan Allah SWT, olehnya itu perlu kita lakukan amalan-amalan yang dianjurkan untuk memaknai fenomena alam tersebut,” ujar jamaah Masjid.

Untuk diketahui, dampak gerhana matahari hibrida, di antaranya dapat mengakibatkan perubahan pasang-surut air laut dan kemungkinan menghasilkan gelombang yang lebih tinggi dari biasanya.

Gerhana matahari hibrida juga mengakibatkan berkurangnya radiasi matahari yang menerpa bumi. Pada puncaknya, gerhana matahari membantu mendinginkan atmosfer bumi, mengubah suhu menjadi lebih sejuk, dan mengubah kelembaban serta kecepatan angin.

Gerhana matahari juga memiliki dampak dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Menurut laman Solar System Exploration milik NASA, gerhana matahari telah membantu para ilmuwan meneliti struktur matahari, mencari bukti teori relativitas, dan menemukan elemen-elemen baru dalam dunia fisika.

Sedangkan dalam bidang kesehatan menurut laman Australian Radiation Protection and Nuclear Safety Agency, gerhana matahari hibrida dapat mengakibatkan kerusakan retina mata yang parah hingga kebutaan jika dilihat dengan kasat mata tanpa bantuan alat yang mumpuni dan direkomendasikan oleh ilmuwan.

Jangan Lewatkan