Rektor UMS Rappang Lepas Dosen dan Mahasiswa Program Kampus Mengajar

  • Whatsapp
Suasana pelepasan dan pembekalan dosen serta mahasiswa UMS Rappang pada program kampus mengajar. (Foto: Ist).

SimpulRakyat.co.id, Sidrap – Rektor Universitas Muhammadiyah Sidenreng (UMS) Rappang, Prof Dr Jamaluddin Ahmad, M.Si didampingi Wakil Rektor 1, dan Dekan FKIP UMS Rappang melakukan pembekalan dan pelepasan dosen pembimbing lapangan (DPL) dan mahasiswa program kampus mengajar angkatan 5 tahun 2023.

Kegiatan ini berlangsung di Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Selasa (14/02/2023).

Baca Juga
Suasana pelepasan dan pembekalan dosen serta mahasiswa UMS Rappang pada program kampus mengajar. (Foto: Ist).

Pada pelepasan tersebut, Rektor Prof Dr Jamaluddin Ahmad mengamanatkan kepada mahasiswa agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

“Kepada para mahasiswa agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebaik mungkin, serta menjadi rekan guru dan tenaga kependidikan di sekolah dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas pembelajaran,” jelasnya.

Diketahui, dosen pembimbing lapangan yang berasal dari UMS Rappang terdiri 5 dosen, salah satunya adalah Ahmad Mustanir yang akan menjadi pembimbing di SDN 7 Arawa dan SDN 7 Amparita Kabupaten Sidenreng Rappang.

Suasana pelepasan dan pembekalan dosen serta mahasiswa UMS Rappang pada program kampus mengajar. (Foto: Ist).

Ahmad Mustanir mengatakan, “Kampus Mengajar” merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.

“Kampus mengajar menghadirkan mahasiswa ke sekolah sebagai bagian dari upaya penguatan pembelajaran literasi dan numerasi, khususnya di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan tujuan membekali mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan dan keahlian yang berguna untuk memasuki masa depan melalui hak belajar di luar kelas perkuliahan,” ungkapnya.

Lanjut Ahmad Mustanir yang juga adalah Kepala LPPM di UMS Rappang mengatakan, selaku DPL akan berperan membimbing dan mendampingi mahasiswa untuk melakukan koordinasi dan komunikasi dengan dinas pendidikan, sekolah, dan guru pamong.

“Membimbing dan mendampingi mahasiswa selama masa penugasan juga dalam implementasi Rencana Aksi Kolaborasi (RAK) bersama sekolah,” jelasnya.

Sekadar informasi, 32 mahasiswa UMS Rappang yang lolos akan ditempatkan pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) di 4 kabupaten/kota, yaitu Sidrap, Enrekang, Soppeng dan Parepare.

Jangan Lewatkan