Bupati Sidrap Launching Proyek Perubahan Inovasi ‘Sahabat Stunting’

  • Whatsapp
Bupati Sidrap, H Dollah Mando melaunching proyek perubahan Inovasi 'Sabahat Stunting' di Ballroom Hotel Grand Sidny, Pangkajene, Kecamatan Maritenggae, Sidrap. (Foto: Satry/SimpulRakyat.co.id).

SimpulRakyat.co.id, Sidrap – Bupati Sidrap, H Dollah Mando meluncurkan (launching) proyek perubahan Inovasi ‘Sahabat Stunting’ di Ballroom Hotel Grand Sidny, Pangkajene, Kecamatan Maritenggae, Sidrap, Senin (29/8/2022) kemarin.

Dollah Mando yang juga sebagai mentor proyek perubahan tersebut berharap, program inovasi ‘Sahabat Stunting’ bisa menurunkan kasus stunting di Kabupaten Sidrap.

Baca Juga

Diketahui, peluncuran inovasi ini digagas Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Sidrap, Dr Ns H Basra S.Kep.,M.Kes.

“Untuk mewujudkan percepatan penurunan stunting di Sidrap, maka dibutuhkan sebuah ide, gagasan atau inovasi ‘Sahabat Stunting’ yang menjadi ujung tombak dan aktor penting dalam percepatan penurunan kasus balita stunting di Sidrap sebagai manifestasi tanggung jawab negara dalam mencetak generasi sehat, cerdas dan berkualitas,” kata H Basra.

Lanjut diterangkan, ‘Sahabat Stunting’ adalah reflikasi dari program pusat BKKBN, yaitu Tim Pendamping Keluarga (TPK), di mana satu tim terdiri dari 1 PKK, 1 kader KB, dan 1 bidan, sasarannya adalah keluarga, teknis pendampingan sasaran terkadang tertutup menyampaikan masalahnya ke TPK.

“Yang berbeda adalah ‘Sahabat Stunting’ satu tim terdiri dari 2 tenaga kesehatan, 5 kader, dan 2 tokoh masyarakat. Sasaran pendampingannya adalah ibu hamil, ibu nifas, balita, dan remaja puteri, tehnis pendampingan sasaran lebih terbuka menyampaikan masalahnya kepada Sahabat Stunting,” beber H Basra.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Sidrap, H Ruslan, Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah, Kasdim 1420 Sidrap, Mayor ARM Arie Widarto, dan perwakilan Kajari Sidrap. Hadir pula, Kepala Pengadilan Agama Sidrap, Mun’amah, Ketua Baznas Sidrap, H. Mustari, sejumlah kepala OPD, camat, kepala desa/lurah serta seluruh kepala puskesmas se-Kabupaten Sidrap.

Jangan Lewatkan