Di Tengah Kegelapan, Anak Pulau Menanti Keadilan

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Opini – Pulau Kalukalukuang, merupakan pulau yang subur ditumbuhi pohon kelapa, terletak di Kecamatan Liukang Kalmas.

Kalukalukuang merupakan salah satu pulau terpencil di daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Mayoritas masyarakat di pulau ini hidup dengan hasil laut, keadaan sebelumnya sangat miris dan memprihatinkan, namun sekarang terlihat dari tahun ke tahun pembangunan di pulau tersebut semakin maju.

Kemajuan itu terlihat dari masuknya Pertamina, dibangunnya dermaga beton hingga dilaluinya transportasi laut berupa kapal Perintis.

Namun, mayoritas warga di sana masih belum puas dengan keadaan itu, lantaran kampung yang dipenuhi pohon kelapa tersebut masih ‘diselimuti’ kegelapan di malam hari. Mereka tak menikmati listrik.

“Sudah beberapa tahun hal ini terjadi di kampung kami, tidak tahu di mana lagi harus mengadu, apa lagi ketika bulan Ramadan, terkadang kami hanya menggunakan lilin untuk sahur,”

“Kami hanya melirik sinis ke tetangga kampung yang rumahnya sudah terang ketika malam hari, bahkan siang pun mereka menikmati listrik,” demikian ungkapan yang kerap dilontarkan para anak pulau yang tinggal di sana.

Hari ini, terdengar kabar hadirnya pemimpin baru di Pangkep, besar harapan merela menjadikan kepulauan Pangkep ini maju, paling utama tersedianya pembangkit listrik.

“Di kampung halaman kami sudah bertahun-tahun tidak menikmati listrik yang memadai, bahkan 5 tahun terakhir ini keadaan kami gelap gulita. Hingga, masyarakat hanya menggunakan tenaga surya, namun warga yang tergolong miskin hanya bisa mengandalkan lilin,” keluh mereka dari seberang sana.

Penulis: Ardan Aidin

SimpulRakyat.co.id adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Menarik Lainnya