Calon Maba 2021 FKM Unismuh Palu Siapkan Beberapa Pilihan Beasiswa

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Palu – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu (FKM Unismuh Palu), membina prodi satu yaitu prodi kesehatan masyarakat.

Prodi ini terakreditasi B dari LAMPT-Kes sejak 2018 dengan mahasiwa aktif pada tahun akademik 2020-2021 sebanyak 327 orang.

Demikian ditegaskan Dekan FKM Universitas Muhammadiyah Palu, Sudirman SKM MKes kepada media, Sabtu (27/2/2021).

Dijelaskan, tahun akademik 2021/2022 target mahasiswa baru sebanyak 120 orang. Strategi digunakan merekrut target mahasiswa baru itu yakni melalui jaringan alumni, mahasiswa, dosen dan karyawan serta melakukan publikasi melalui media sosial.

“Pada promosi media sosial menampilkan keunggulan dimiliki saat ini FKM seperti daya serap alumni dalam dunia kerja kurang dari 6 bulan,” kata Ketua IAKMI Sulteng ini

Bagi mahasiswa tersedia beberapa beasiswa seperti beasiswa KIP, beasiswa BI, beasiswa PPA dari Kemdikbud, beasiswa Kader Muhammadiyah, satu terakhir ini ada beasiswa bantuan Covid-19, serta sarana dan parasaran yang dimiliki dari tahun ke tahun semakin baik.

Jumlah alumni sejak 2014-2020 sebanyak 2.149 orang. Sumber daya dosen sebanyak 19 orang terdiri dari 1 orang S3, 4 orang sementara studi lanjut S3, dan 14 Orang S2 tenaga kependidikan sebanyak 5 orang berpendidikan S1 semua, katanya.

Saat ini mengelola jurnal ilmiah di FKM Unismuh Palu sebanyak 2 jurnal terakreditasi SINTA yakni Promotif Jurnal Kesehatan Masyarakat terakredisi SINTA 5 dan MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia) Terakreditasi SINTA 4.

Kegitan KKN mahasiswa dilakukan program KKN Kebencanaan, KKN-MUH, KKN Internasional, FKM Unismuh Palu sudah 2 kali mengirim mahasiswa dalam kegiatan KKN Internasioanl, 2018 di Thailand, dan 2019 di Malaysia.

Kegiatan KKN-Muhammadiyah dilaksanakan di Purbalingga Jawa Tengah bergabung seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah di se- Indonesia.

Kegiatan pengabdian dari tahun ke tahun, FKM Unismuh Palu mendapat hibah dari Kementerian Pendidikan tahun 2021 ada 2 dosen mendapatkan hibah pengabdian dan 2 orang mendapat hibah doktor.

Scopus yang dihasilkan dosen FKM dalam 3 tahun terakhir sebanyak 41 Artikel Scopus. (Yahya/Din)

Berita Menarik Lainnya