Diduga Lecehkan Simbol Kristen, Oknum Anggota DPRD Haltim Tuai Kritikan

  • Whatsapp
Koordinator Departemen Advokasi Hukum dan HAM Persataun Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Cabang Halmahera Timur (Haltim), Benasto Tatepa SH MH.

SimpulRakyat.co.id, Halmahera Timur – Koordinator departemen advokasi hukum dan HAM Persataun Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Cabang Halmahera Timur (Haltim), Benasto Tatepa SH MH, menyayangkan postingan media sosial anggota DPRD Haltim, Muhammad Tomagola alias Amat di akun Facebook pribadinya atas nama Muhammad Amat.

“Ini bentuk pendidikan politik yang keliru, kita sama-sama telah sepakat bahwa tidak boleh lagi ada pihak yang mengedepankan politik identitas, apa yang saudara Amat sampaikan sebagai anggota DPRD Haltim telah mencedrai demokrasi dan hati umat Nasrani sebagai bagian penting dari Kabupaten Halmahera Timur,” kata Asto, sapaan akrab Benasto Tatepa, melalui rilis yang diberikan kepada media ini, Kamis (12/11) siang

Baca Juga

Postingan seperti ini, lanjut Asto, berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat karena memposting dan mengedit gambar dan subyek yang menyerupai sosok Yesus Kristus yang disakralkan oleh umat Nasrani untuk memenangkan kandidat pemilihan Bupati.

Menurutnya, postingan tersebut menunjukan ketidakcerdasan berpikir sebagai politisi dan anggota DPRD. Meski demikian pihaknya mengaku mengasihi Ahmad Tomagola dengan sepenuh hati.

Tak hanya itu, PIKI dan GAMKI juga meminta agar pihak berwajib menelusuri kasus tersebut.

“Bersama GAMKI Haltim kami (PIKI Haltim-red) juga meminta pihak keamanan agar segera menindaklajuti ini dalam koridor hukum karena kita negara hukum bukan negara agama,” tambah dia.

Pemuda Desa Sailal, Kecamatan Wasile Selatan ini juga mengimbau agar umat Nasrani tidak terprovokasi dengan postingan-postingan yang tidak demokratis.

“Kita perlu saling hargai sampai pada simbol dan tata cara setiap warga dalam bergama dan berkepercayaan. Untuk itu kepada semua umat Nasrani agar tidak terprovokasi dengan hal ini dan tetap menjaga pesta demokrasi Haltim berjalan demokratis, aman, lancar dan sukses,” tandasnya.

Terpisah, Ketua PIKI Haltim Alien Goeslaw, menyampaikan bahwa memahami apa yang disampaikan oleh Ahmad Tomagola dalam momentum politik seperti sekarang ini.

“Saya berharap bahwa ini bukan menjadi bagian dari cara berpikiri pak Ahmad Tomagola, karena kapasitas beliau sebagai anggota DPRD Haltim yang seyogyanya menghormati simbol-simbol dan kepercayaan umat lain,” terang dia.

Alien Goeslaw pun mengajak agar masyakarat tetap menjaga kerukunan umat beragama untukhidup dalam damai sejahtera yang maha kuasa.

“Diimbau kepada semua generasi muda dan umat Kristen untuk tetap tenang dengan kasih Kristus tetap menebarkan cinta dan kasih serta tidak terprovokasi untuk dikotak-kotakkan. Menjaga nilai-nilai demokrasi dan kemanusiaan,” tutupnya.

Diketahui, dalam postingan akun Medsos yang diduga milik Muhammad Tomagola dengan nama Muhammad Amat, memposting gambar yang identik dengan simbol Yesus Kristus yang gambarnya diedit dengan jari kanan menunjuk, serta jari kiri memberi jempol.

Tak hanya itu, dalam gambar tersebut juga ditambah tulisan “Jangan lupa 9 Desember pilih no 01 TIVA kemakmuran”.

Penulis : Angel

Berita Menarik Lainnya