PGI Wilayah Maluku Utara Bantah Pemberitaan Dukungan ke Paslon Tiva

  • Whatsapp
Pdt Anton Piga, Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja Wilayah (PGIW) Provinsi Maluku Utara.

SimpulRakyat.co.id, Halmahera Timur – Menanggapi terkait dengan pemberitaan mengenai pemberian dukungan dari Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia Wilayah (PGIW) Provinsi Maluku Utara (Malut) oleh Sekretaris Umum PGIW Malut, Pdt John Tasane terhadap salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni Hi Thaib Djalaluddin dan Novarius Bulango (TIVA) di Pilkada Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) dibantah oleh Ketua Umum PGIW Malut, Pdt Anton Piga.

Menurut Anton Piga, secara kelembagaan PGIW Malut tidak pernah membicarakan atau pun memberikan rekomendasi dukungan kepada salah satu Paslon tertentu dalam Pilkada di Haltim. Bukan hanya di Haltim saja, melainkan tidak ada dukungan kelembagaan kepada semua Paslon dalam ajang Pilkada serentak di Maluku Utara.

Baca Juga

“Saya tegaskan secara kelembagaan PGIW tidak memberikan dukungan ke Paslon pada Pilkada serentak di Malut, secara khusus tidak memberi dukungan ke Paslon TIVA di Pilkada Haltim, yakni pasangan Hi Tono-Noverius,” kata Pdt Anton Piga, dalam rilis yang diterima SimpulRakyat.co.id, Minggu (11/10/20) Malam.

Dengan demikian, pihaknya mengimbau semua warga Gereja agar tidak mudah terpancing dengan isu melalui pemberitaan bahwa PGIW Malut telah mendukung Paslon TIVA di Halmahera Timur. Sebab menurut Anton Piga hal itu tidak benar dan melakukan pencatutan nama secara kelembagaan.

Terkait dengan persoalan ini, maka dari itu PGIW akan memanggil dan melakukan evaluasi terhadap oknum Sekum PGIW yang telah mengatasnamakan dukungan terhadap Paslon TIVA tersebut.

Selain itu pula, secara kelembagaan akan menelusuri pemberitaan beberapa media online untuk diminta hak jawab kepada PGIW Malut, terkait dengan berita yang telah dimuat

“Secara khusus untuk oknum yang telah mencatutkan nama lembaga, akan dilakukan evaluasi kelembagaan, sesuai dengan mekanisme organisasi. Dari hasil evaluasi juga akan ditindak lanjuti secara administratif PGIW Malut, jika pencatutan ini dilakukan hanya untuk kepentingan pribadi,” tambah dia.

Mantan Ketua Sinode GMIH ini juga berharap agar Gereja dapat berperan penting mengawal Pilkada agar dapat berjalan dengan baik, aman, damai dan kondusif serta menjaga kerukunan antar umat bergama, sembari menghargai kepelbagaian di Maluku Utara dan terutama di Halmahera Timur. (Engel Maudul)

Disarankan Untuk Anda :