Pelatihan Jurnalistik Gosehat.id Dihadiri Guru Besar

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Makassar – Redaksi media kesehatan Gosehat.id hadirkan guru besar Kesehatan masyarakat di pelatihan jurnalistik tematik kesehatan di Gedung LPMP Sulsel, Sabtu (24/10/2020). Pelatihan ini mengangkat tema “Go sehat Go literasi”.

Prof Arlin Adam mengatakan di era serba keterbukaan infomasi peran jurnalis menentukan perilaku di masyarakat. Karena itu dengan hadirnya pelatihan sangat sesuai dengan munculnya infodemi yang menyajikan informasi kesehatan yang berlebihan.

Baca Juga

“Saat ini kita sedang berada dalam era masyarakat informasi dimana posisi dan peran jurnalis sangat menentukan konstruksi realitas, Pelatihn jurnalistik kesehatan ini relevan dengan situasi terutama munculnya gejala infodemi yang menyajikan informasi kesehatan secara berlebihan di platform medsos,” kata dia.

Ia berharap, jurnalis kesehatan mampu mengambil peran dalam membedakan infomasi yang sesui dengan fakta dan informasi yang mengandung hoax.

“Jurnalis kesehatan harus mampu mengkanalisasi informasi itu sehingga tidak menyesatkan pembaca atau masyarakat,” ujarnya.

Terpisah, Direktur Gosehat.id Sabri mengatakan, kehadiran media kesehatan menjadi warna baru dalam memberikan informasi kesehatan. Olehnya itu media ini akan terus melakukan peningkatan jurnalis di bidang kesehatan.

“Gosehat akan terus melakukan peningkatan SDM untuk jurnalis kesehatan, sesuai tagline kami Go Sehat Go Literasi,” katanya.

Lanjut, ia akan terus meningkatkan kapasitas jurnalis dan dorong para jurnalis untuk peduli terhadap isu-isu kesehatan. Isu ini sering dipandang tidak menarik atau tidak seksi, padahal merupakan isu yang mendasar menyangkut kepentingan masyarakat.

“Kita akan terus mendorong para jurnalis untuk untuk peduli isu kesehatan, karna saat ini sangat jarang ada headline isu kesehatan kecuali ada peristiwa besar, Kita paham salag satu meningkatkan derajat perlu melibatkan peran media dan jurnalis,” ujarnya. (**)

Disarankan Untuk Anda :