Menutup Latsar dan Prajabatan CPNS, Ini Harapan Bupati Jeneponto

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Jeneponto – Bupati Jeneponto, H Iksan Iskandar menutup Latihan Dasar (Latsar) dan Prajabatan CPNS Jeneponto di Ruang Pola Panrannuanta, Jl Lanto Dg Pasewang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Kamis (26/12).

Ada 245 peserta yang telah menjalani proses Latsar dan Prajabatan sejak 25 Oktober – 26 Desember 2019. Kegiatan dihelat pada dua lokasi berbeda. Untuk Latihan Dasar berlangsung di Hotel Aerotel Smile, Kota Makassar.

Sedangkan untuk Prajabatan, berlangsung di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Jeneponto. Peserta Latsar dibagi kedalam lima angkatan, yakni angkatan 89, 90, 91, 92 dan 93.

Proses Latsar dilaksanakan dalam dua metode, yakni on campus dan off campus. On campus berlangsung selama 21 hari. Dengan pemberian asupan materi, pembentukan mental dan karakter.

Dilanjutkan dengan mengaktualisasikan kegiatan yang telah dirancang saat on campus. Proses Aktualisasi ini disebut dengan off campus.

Baca Juga :  Alumni Pendidikan Hukum BAIN HAM RI Wajib Bentuk Klinik Hukum

Off campus berupa pengaktualisasian nilai-nilai ANEKA, yang dikemas dalam sebuah inovasi dan dilaksanakan pada masing-masing unit kerja penempatan CPNS.

Sementara proses off campus berlangsung selama satu bulan dan ditutup dengan ujian hasil Aktualisasi. Hasil Aktualisasi yang telah dilaksanakan, lalu dipersentasikan dihadapan penguji, coach dan mentor.

Hal ini untuk melihat seberapa besar kontribusi inovasi tersebut untuk perkembangan institusi atau dampak yang didapatkan oleh masyarakat.

Saat menutup Aktualisasi, Bupati Jeneponto mengatakan pendidikan ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mempersiapkan ASN, dalam menghadapi perkembangan zaman kedepan.

Dia berharap, setelah menyelesaikan pendidikan tersebut. CPNS telah siap bekerja secara profesional dan proporsional.

“Setelah ini kembali bekerja pada instansi masing-masing, dengan bekerja secara profesional dan proporsional,” ujarnya.

Bupati yang kerap disapa Karaeng Ninra itu juga menyalami Peserta Latsar, Prajabatan dan Diklatpim III.

Baca Juga :  Pengumuman Paskibraka Tingkat Kabupaten Luwu 2022

Pihaknya berharap ilmu yang didapatkan mampu diterapkan, sambil terus berinovasi tentang kemajuan daerah.

“Selamat datang pada rombongan Pemkab Jeneponto. Selamat bekerja untuk kemajuan daerah,” tuturnya.

Latihan Dasar (Latsar) dan Prajabatan ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Jeneponto dan BPSDM Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.(*)

Jangan Lewatkan