Capacity and Character Building Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sulsel

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Makassar – LPPPTK KPTK, mengembangkan Diklat Capacity and Caracter Building Kependidikan Berbasis Nilai Kearifan Lokal Kemaritiman dan Kelautan bagi Pendidik dan Tenaga (PTK).

Diklat ini bertujuan agar peserta memiliki: (1) kompetensi dan kapasitas sebagai pendidik dengan nilai kearifan lokal yang kokoh sebagai landasan dalam melakukan tugas profesinya (2) karakter yang baik dengan menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi pendidik, dan rasa percaya diri (3) kemampuan untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran berbasis kearifan lokal sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Baca Juga

Diklat Capacity and Caracter Building PTK Berbasis Nilai Kearifan Lokal Kemaritiman dan Kelautan berlangsung selama 60 Jam Pembelajaran. Tahap pertama diklat ini dihadiri oleh 40 peserta dari Kabupaten Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalr, dan Jeneponto.

Diklat ini dibuka oleh Kepala LPPPTK KPTK Prof Dr Irwan, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa apa yang kita lakukan hari ini menentukan kemajuan Indonesia di masa mendatang. Kemajuan hari ini yang akan membawa perubahan Indonesia.

Prof Dr Irwan, M.Pd juga mengapresiasi wacana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim tentang “Kemerdekaan Belajar”.

Menurutnya, kemerdekaan belajar akan terwujud dari guru yang diberi harapan dan ruang melakukan eksplorasi dan inovasi. Peran dan tugas guru adalah bagaimana memerdekakan anak-anak atau peserta didik. Dan itu hanya bisa terwujud dari guru yang merdeka pula, yakni guru yang diberi ruang kebebasan dan mampu berkreasi.

“Guru hendaknya tidak dibebani tugas administrasi yang begitu berat, melainkan beban tanggung jawab akademiknya yang ditonjolkan,” terang Prof Dr Irwan, M.Pd, Minggu (01/12/2019).

Diklat Capacity and Caracter Building PTK Berbasis Nilai Kearifan Lokal ini sangat penting dilakukan. Mengingat, Indonesia memiliki nilai warisan budaya yang sangat luar biasa. Nilai-nilai INI penting untuk dilestarikan, dan hal ini masuk dalam wilayah penguatan pendidikan karakter. (*)

 

Disarankan Untuk Anda