Kisah Perjuangan Bidan Desa Bantu Persalinan Warga Liukang Kalmas di Atas Perahu

  • Whatsapp
Bidan Nurtina Mahyuddin memperlihatkan kondisi pasien usai menangani persalinan.

SimpulRakyat.co.id, Pangkep – Perjuangan Bidan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Dewakang, Nurtina Mahyuddin menangani persalinan seorang pasien di tengah perjalanan laut, perairan Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkep, patut diapresiasi.

Awalnya, pasien ibu hamil (Bumil) Resti, warga Pulau Dewakang Lompo, Desa Dewakang didampingi Bidan Nurtina bergegas menuju Kota Makassar dengan menggunakan perahu nelayan, Senin (9/9/2019), karena di kampung kurang fasilitas.

Baca Juga

Kondisi bayi laki-laki hasil persalinan Resti

 

Di tengah perjalanan, sekira pukul 02.20 Wita, saat ombak besar menggoyang perahu yang ditumpanginya, Bumil tersebut tiba-tiba melahirkan.

Bermodalkan alat seadanya, Nurtina berhasil menangani pasien saat itu juga, Resti dan bayi laki-lakinya selamat dalam persalinan tersebut.

Setiba di Pelabuhan Paotere, Makassar, sekira pukul 14.30 Wita, pasien langsung mendapat pertolongan lebih lanjut dari pihak Puskesmas Kecamatan Liukang Kalmas.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Liukang Kalmas Hj Kurnia, SKM., M.Kes ketika dikonfirmasi menuturkan kejadian tersebut, menurutnya hal ini merupakan suka duka bertugas di kepulauan terluar Pangkep.

Kepala Puskesmas Kecamatan Liukang Kalmas Hj Kurnia

“Inilah suka dukanya bagi petugas (medis) yang ada di kepulauan terluar yang perlu mendapat perhatian khusus, karena bukan kali ini ada ibu hamil yang melahirkan di Perahu,” katanya.

Hj Kurnia juga menuturkan kisah yang serupa, dimana dia bersama seorang bidan menolong persalinan di atas perahu tengah perjalanan laut.

“Pada tahun 2012 yang lalu, hal yang sama juga terjadi, saya sendiri dengan bidan Kulsum yang menolong persalinan seorang pasien di atas kapal, sekitar jam 12 malam dalam keadaan goncangan ombak, namun alhamdulillah, anak itu sekarang sudah berumur 7 tahun,” papar Hj Kurnia.

Dia juga berharap, agar kedepannya, pemerintah segera mengadakan Ambulance Laut di Kecamatan Liukang Kalmas, demi keselamatan dan kenyamanan masyarakat pulau.

“Harapan kami kedepannya, dan ini harapan semua masyarakat yang ada di Kepulauan, semoga secepatnya ada Ambulance Laut yang bisa menjangkau seluruh wilayah kerja kami, agar dalam proses rujukan bisa berjalan dengan lancar, sehingga angka kematian ibu dan anak bisa menurun,” tutupnya.

Penulis: Ardan Aidin

 

Disarankan Untuk Anda