Demo Front Mahasiswa Makassar Menggugat Kenaikan BPJS Kesehatan Berlangsung Ricuh

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Makassar – Pelopor perubahan yang tergabung dalam gerakan kesatuan (Front) Mahasiswa Makassar Menggugat berunjukrasa di depan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Jln Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Senin (16/9).

Aksi ini merupakan bentuk penolakan kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang dinilai menyusahkan rakyat.

Baca Juga

Dalam aksinya, mahasiswa lakukan pembakaran keranda mayat yang bertuliskan ‘BPJS’ sebagai desakan untuk Gubernur Sulsel agar mendukung pembubaran BPJS Kesehatan.

Jenderal Lapangan, Junaedi menilai kebijakan Menteri Keuangan RI telah melenceng dari amanah UUD 1945 pasal 28H. Ia juga menyebutkan BPJS sudah tidak sesuai kebutuhan rakyat.

“Langkah Menteri keuagan Sri Mulyani yang mengusulkan kenaikan BPJS Kesehatan adalah bukti lempar handuk pemerintah terhadap penjamin kesehatan kepada rakyat, kita tahu bahwa konstitusi UUD 1945 pasal 28H dinyatakan: Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapat lingkungan hidup yang baik serta berhak memeroleh pelayanan kesehatan,” paparnya.

Lanjut dia, subsidi sangat penting sebagai kekuatan kemandirian rakyat, bukan memaksimalkan pembangunan infrastruktur.

“Kenapa harus rakyat yang dicekik di zaman paceklik, satu hal bahwa BPJS Kesehatan sudah tidak sesuai kebutuhan Rakyat,” ujar Junaedi.

Aksi ini berujung ricuh akibat adanya lemparan batu yang mengarah ke kerumunan mahasiswa yang menyebabkan beberapa demonstran harus dilarikan ke Rumah Sakit. Akibatnya, mahasiswa emosi dan balik lakukan pelemparan batu ke arah pintu gerbang kantor gubernur.

Diketahui, demonstran yang berjumlah ratusan orang mahasiswa tersebut tergabung dalam DEMA UIN Alauddin Makassar, Tarbiyah UINAM, HMJ UINAM, HMJ IPOL UINAM, BEM Universitas Sawerigading, GAM, BKPPM, GRD, PPM Sulsel, Kamri, Gemar, GPMI, Serikat Anak Bangsa, Gerak Misi, ARD, Prodem, KAM, HMJ Filsafat, Dema Dakwah, Lingkar Mahasiswa Sulsel, OPM.

Aksi demonstrasi ini sempat menyumbat arus lalulintas sepanjang Jalan Urip Sumiharjo, Makassar.

Penulis: Faried W

Disarankan Untuk Anda