Bermodalkan Pengalaman, ‘Sang Anak Pulau’ Dominasi Pasar Rumput Laut di Pangkep

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Pangkep – Bermodalkan pengalaman sebagai anak pulau, Kepala Desa (Kades) Marasende, Kecamatan Liukang Kalukuang Masalima (Kalmas), Kabupaten Pangkejene dan Kepulauan (Pangkep) unggul sebagai penghasil rumput laut dari beberapa desa yang ada di Kalmas, Senin (23/9/19).

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Desa (Kades) Marasende, Mas’ud kepada SimpulRakyat.co.id saat ditemui di kediamannya belum lama ini.

Baca Juga

Kepala Desa (Kades) Marasende, Mas’ud yang akrab disapa Joko menyampaikan bahwa, hasil surveinya di lapangan mengenai masyarakat nelayan, Dia membuat kalender musim, katanya di Marasende tidak ada waktu kosong.

Menurutnya, bulan Juli sampai April itu ke rumput laut, Mei sampai Agustus beralih ke nelayan tangkap, Ia juga menjelaskan bahwa posisi rumput laut yang bagus saat angin kencang.

“Di sana (Marasende) tidak ada waktu kosong, karena posisi rumput laut ini ada di angin banna (berkembang di musim angin kencang) moa iya rie malino addiang diang kegiatan (kalau musim teduh tidak ada kegiatan), jadi kami buatkan kalender musim, kalau bulan Juli sampai April itu bergulir ke rumput laut, sementara bulan Mei sampai Agustus kan tallo tui-tuing (telur ikan terbang) sebahagian mattorani (nelayan ikan terbang), sebahagiannya juga seba jadi ke nelayan tangkap (Nelayan) khususnya tuna dan cakalang,” jelasnya dengan bahasa Daerah Mandar.

Joko menambahkan, hasil rumput laut di tahun 2018 mencapai 300 ton, kata Dia ibu-ibu di desanya juga menikmati keberhasilan rumput laut.

“Dari tahun 2018 penghasilan petani rumput laut ditaksir 300 ton/musim, selain petani rumput laut yang menikmati manfaatnya, ibu-ibu yang sebagai tenaga lokal juga menikmati hasil rumput laut dalam artian ibu-ibu bisa mattuyu agar (mengikat bibit yang siap tanam: red),” jelasnya. (Faried)

Jangan Lewatkan