Kenalkan Pendidikan Demokrasi, Pemilihan Ketua OSIS SMAN 2 Pangkep Pakai Model Pemilu

  • Whatsapp

SimpulRakyat.co.id, Pangkep – SMAN 2 Pangkep menggelar pemilihan umum ketua dan wakil ketua OSIS SMAN 2 Pangkep Periode 2019 – 2020, diikuti 2 pasangan calon yaitu Nomor Urut 1 Vera Rahmadani Utami dan Abdillah, Nomor Urut 2 Pasangan Calon Andi Sitti Attahirah dan Rasyidin Sa’aduddin, Kamis (8/8/2019) kemarin.

Kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini diawali penjaringan calon, debat kandidat, pemaparan visi misi dan proses pemilihan.

Panitia Komisi Pemilihan OSIS (KPO) MPK SMAN 2 Pangkep tersebut mengangkat tema Budaya Adat Daerah Sulawesi Selatan, terlihat dari seragam yang digunakan panitia KPPS dan dekorasi TPS tema Merah Putih sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh guru, pegawai dan siswa – siswi SMAN 2 Pangkep yang membawa surat pemberitahuan atau model c-6 yang telah dibagikan oleh panitia sebelum hari H.

Panitia menyiapkan 4 kardus kotak suara yang dilengkapi dengan gembok dan 4 label warna yakni, hijau untuk kotak suara kelas X, biru untuk kotak suara kelas XI, kuning untuk kotak suara kelas XII dan merah untuk kotak suara guru dan pegawai.

Meski kegiatan ini berlangsung, namun proses belajar mengajar hari ini tetap berjalan seperti biasa. Panitia memanggil siswa yang akan memilih secara bergantian mulai kelas X Mia Archimedes sampai kelas XII IIS 4, sehingga tidak terlalu mengganggu proses belajar mengajar.

Sebelum mencoblos, ratusan siswa nampak mengantre untuk menyerahkan undangan pencoblosan yang diterima dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Setelah menyerahkan undangan, para siswa mendapatkan surat suara. Isinya adalah foto kandidat, lalu para siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan dan memasukkan ke kotak suara berdasarkan label kelasnya. Kegiatan ini mengadopsi model pemilihan umum pileg atau pilkada.

Ketua panitia Fathir Almaidah Ahsah mengatakan, kegiatan ini merupakan tahun kedua menggunakan model pemilu. Hanya saja kegiatan tahun ini lebih lengkap dibanding tahun lalu.

“Tahun ini sudah menggunakan model c 6 atau surat panggilan, 4 kotak suara dan banyak spanduk kampanye,” kata Fathir.

Sementara menurut Pembina OSIS SMAN 2 Pangkep, Nur Annas, S.Pd tujuan kegiatan ini adalah memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa – siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu, bagaimana memilih pasangan calon berdasarkan pemaparan visi misinya.

Penulis: M Arif Alif

Editor: Ahmad Alhasni

Disarankan Untuk Anda :