SNS 734 Gagalkan Perdagangan Manusia Antar Provinsi

SNS 734 Gagalkan Perdagangan Manusia Antar Provinsi

Editor: Elya
Rabu, 10 Juli 2019

Pelaku perdagangan manusia digiring ke Polsek Kao

SimpulRakyat.co.id, Tobelo Halmahera Utara – Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Daerah Rawan (pamrahwan) Yonif 734 Satria Nusa Samudra yang sedang melaksanakan tugas di POS III desa Tetewang kecamatan Kao Teluk, berhasil mengamankan pelaku perdagangan manusia bersama dengan dua orang calon korbannya.

Informasi yang diperoleh wartawan, yang dihimpun dari bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Kodim 1508 Tobelo menyebutkan, penangkapan ini  berdasarkan pengembangan laporan masyarakat atas tingkah mencurigakan JB (44) dan DE (42).

Kronologis kejadian seperti yang dituturkan, terungkap ketiga pelaku tersebut mengiming-imingi keluarga calon korbannya dengan sejumlah uang dan berjanji akan mempekerjakan mereka.

“JB (44) dan Dedy Enginin (42) yang datang ke rumah Fatsia Jumati, bermaksud untuk mengadopsi anak gadisnya, guna dirawat dan disekolahkan. Selain itu, memberikan janji bahwa mereka akan memenuhi segala keinginannya dan memberikan uang 1 Juta rupiah serta meminta nomor rekening, guna mentrasfer uang 10 juta rupiah. Awalnya ibu Fatsia Jumati setuju dengan rayuan pelaku, namun setelah dipikir kembali bahwa dirinya baru mengenal kedua pelaku dan curiga anaknya akan dipekerjakan, sehingga langsung melaporkan hal tersebut,” tulis Humas Kodim 1508 Tobelo dalam rilisnya kepada media ini.

Sekadar diketahui, berdasarkan pemeriksaan, terungkap kedua gadis tersebut, berencana akan dibawa ke Manokwari Papua untuk dipekerjakan.

Selanjutnya, kedua orang pelaku, kemudian diserahkan ke Kepolisian Sektor (Polsek) Kao, guna menjalani pemeriksaan lanjutan.
Sementara itu dalam keterangannya Dansatgas Yonif 734 SNS Letkol Inf Edwin Charles mengatakan keprihatinannya terkait permasalahan ini. Sebab itu, dia berpesan kepada semua anggotanya, guna tetap berkoordinasi dan memberikan pembinaan, guna mengatasi pemberantasan perdagangan manusia.

”Saya juga telah memerintahkan kepada seluruh personel Satgas yang tersebar di seluruh wilayah Maluku Utara untuk memeberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus juga membantu kesulitan masyarakat sehingga kehadiran kami dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Maluku Utara," ungkap Dansatgas.

Reporter: Reynold