Pamrahwan Yonif 734 Satria Nusa Samudera Bantu Pemda Halut Lakukan Fogging

Pamrahwan Yonif 734 Satria Nusa Samudera Bantu Pemda Halut Lakukan Fogging

Editor: Elya
Kamis, 13 Juni 2019


SimpulRakyat.co.id, Tobelo Halmahera Utara – Melihat dinamika menyeruaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Agepty, Satuan Tugas Pengamanan Daerah Perlawanan (Satgas Pamrahwan) dari Yonif 734 Satria Nusa Samudera (SNS) yang bertugas di Tobelo Halmahera Utara, juga ikut ambil bagian dalam membantu Pemerintah Daerah (Pemda), guna melakukan pengasapan untuk membasmi nyamuk-nyamuk demam berdarah (Fogging).

Hal ini disampaikan langsung oleh Pasiter Satgas Kapten Inf Gusti Ngurah, kepada wartawan yang meminta konfirmasinya, Kamis (13/06) malam tadi.

Selain itu, Gusti Ngurah juga menyampaikan, pihaknya dalam kegiatan pengasapan, juga melibatkan tenaga kesehatan dari Satgas.

“Dalam fogging tadi, kita juga melibatkan tenaga dokter satgas yaitu, Letda.CKM. dr Rizky Zulkarnain dan Letda CKM Fendi A," kata Kapten Inf Gusti Ngurah melalui sambungan seluler.

Selain fogging, Satgas Yonif 734 SNS, bersama pemerintah desa setempat juga melakukan pembersihan lingkungan dan menggelar penyuluhan terkait bahayanya DBD dan cara pencegahannya.

“Sehabis melaksanakan fogging, bersama masyarakat, kita juga melakukan pembersihan lingkungan. Selain itu, kita memberikan penyuluhan kepada masyarakat, tentang bahaya DBD," imbuh sang Kapten.

Kerja sama dengan Pemda Halmahera Utara dalam melakukan fogging, juga melibatkan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tobelo bersama pemerinta desa Gura.

Terpisah, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Yonif 734 Satria Nusa Samudra, Letnan Kolonel Infanteri Edwin Charles mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat semakin sadar menjaga kebersihan lingkungan.

"Kebersihan lingkungan itulah yang perlu disadari masyarakat dengan cara membuang sampah pada tempatnya," harap Dansatgas. (Reynold)