Wisuda Siswa/Siswi dan Serah Terima Jabatan Kepala SMA Budi Mulia Saumlaki

Wisuda Siswa/Siswi dan Serah Terima Jabatan Kepala SMA Budi Mulia Saumlaki

Redaktur Simpul Rakyat
Rabu, 15 Mei 2019

Wisuda Siswa/Siswi  SMA Budi Mulia Saumlaki. (Foto: MK/SimpulRakyat.co.id)

SimpulRakyat.co.id, Saumlaki - Memberikan iImu pengetahuan tanpa pembelajaran Karakter adalah sia - sia. Selama kurang lebih tiga tahun para siswa/siswi menimba ilmu pengetahuan dan didikan di SMA Budi Mulia Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), akhirnya sampai pada puncaknya, yang mana dilaksanakan acara wisuda tingkat SMA, Yayasan Pendidikan  Katolik SMA Budi Mulia di gedung Natar Kaumpu Saumlaki, Rabu (15/05).

Berbarengan dengan acara tersebut, dilakukan serah terima jabatan pimpinan sekolah yang lama dengan pimpinan sekolah yang baru. Tongkat kepemimpinan SMA Budi Mulia diserahkan oleh RD. Joppy Romaldus Uweubun, S. Fils kepada pimpinan baru RD. Alexanro Topan Kafroly, S. Fils, serta dilanjutkan dengan pengukuhan jabatan baru oleh ketua Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Amboina Saumlaki kepada pimpinan SMA Budi Mulia yang baru.

Penyelenggaraan acara wisuda SMA Budi Mulia Saumlaki tersebut merupakan penyelenggaraan yang ketiga dalam usia SMA Budi mulia Saumlaki yang ke 53 tahun. Jumlah wisudawan/wisudawati yang hari ini berhasil dikukuhkan adalah sebanyak 50 siswa.


Dalam acara tersebut, selain mengukuhkan siswa/siswi yang dinyatakan lulus, sekolah SMA Budi Mulia Saumlaki memberikan penghargaan kepada siswa/siswi yang berhasil lulus dari sekolah dengan predikat siswa/siswi teladan dan juga berprestasi. Penghargaan diberikan dalam bentuk piala dan piagam penghargaan kepada mereka.

Seperti ada pepatah mangatakan, "Ada waktu bertemu, ada pula waktu berpisah". Bukan saja pertemuan dan perpisahan oleh para jubilaris yang telah berhasil menamatkan pendidikannya selama kurang lebih tiga tahun berada di SMA Budi Mulia Saumlaki untuk dibina dan dibekali dengan ilmu pengetahuan, tetapi juga ada pertemuan dengan pimpinan sekolah yang baru, sekaligus perpindahan yang mengaharukan dengan pimpinan sekolah yang lama. Sama seperti usia perserta didik yang baru saja diwisudakan di SMA Budi Mulia Saumlaki, demikian pula usia kepemimpinan Pastor Joppy Uweubun.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan Dinas Pendidikan Propinsi Maluku di Saumlaki, yang sekaligus membuka dengan resmi acara dimaksud. Dalam sambutannya disampaikan harapan terbesarnya agar para jubilaris tidak puas dengan apa yang diperoleh hari ini, tetapi lebih dari pada itu. Momen hari ini merupakan langkah awal perjuangan selanjutnya untuk mencapai kesuksesan.


Disampaikan pula bahwa isu adanya perusahan raksasa INPEX MASELA di Kepulauan Tanimbar memiliki sumber minyak mentah yang akan digarap di dasar bumi pada Blok Masela. Dengan adanya sumber daya alam terbesar nomor dua di Indonesia ini, putra - putri daerah sepatutnya bangga dan sekaligus tertantang untuk membekali diri lebih baik lagi mengahadapi masuknya perusahaan raksasa ini untuk kepentingan masyarakat KKT. Jangan sampai dijajah oleh masayarakat yang datang dari luar KKT, karena kurangnya ketersediaan SDM yang memadai.

Sedangkan mengenai rolling jabatan, sudah menjadi hal yang biasa dilakukan dalam setiap rapat tiga tahunan yang diselenggarakan oleh Keuskupan Amboina. Dalam agenda rapat pun terdapat poin revitalisasi Pendidikan Katolik yang secara terus menerus dilakukan, demi mencapai mutu terbaik sesuai dengan yang diharapkan bersama. Revitalisasi pendidikan di SMA Budi Mulia Saumlaki pun dilakukan melalui pergantian kepala sekolah, dengan harapan ada perbaikan mutu SMA Budi Mulia Saumlaki yang jauh lebih baik dari waktu ke waktu.

Menurutnya pimpinan sekolah yang Lama akan melanjutkan tugas dan pelayanannnya di tempat yang baru, sementara pimpinan sekolah yang baru akan melanjutkan tongkat kepemimpinan dari pimpinan sekolah yang lama.


Dalam acara tersebut pula ada kesan yang ditinggalkan dan dialami oleh Pastor Joppy Uweubun selama memegang tongkat kepemimpinan dalam kurun waktu tiga tahun. Melewati tantangan pada tahun pertamanya dimana harus menyelesaikan pembangunan ruang sekolah yang telah ditinggal pergi oleh pihak ketiga dan dilanjutkan dengan langkah berani untuk membongakar beberapa gedung sekolah yang sudah tua, yang selanjutnya dalam perencanaan akan dibangun gedung yang baru. Namun dalam perjalanannya harus diserahkan untuk dilanjutkan oleh pimpinan Sekolah Yang baru, Pastor Sanro Kafroly.

Pastor Sanro Kafroly menyambut baik jabatan yang baru yang dipercayakan kepadanya, dengan harapan terbesarnya agar ada dukungan dari berbagai pihak, terutama para dewan guru dalam membangun dan meningkatkan mutu pendidikan SMA Budi Mulia Saumlaki ke arah yang lebih baik.

"Saya bukan Superman yang mau bekerja sendiri dengan prinsip 'One Man Show', tapi saya butuh dukungan dari berbagai pihak, terutama dukungan dari dewan guru SMA Budi Mulia Saumlaki dalam membantu saya mensukseskan kemajuan pendidikan SMA Budi Mulia Saumlaki ini," papar Pastor Sanro Kafroly.


Pada acara tersebut, tidak terlihat satu pun dari perwakilan Pemerintah Daerah KKT (dinas terkait) yang hadir, walaupun telah diberikan undangan oleh pihak sekolah SMA Budi Mulia. Padahal, menyadari bahwa walaupun dalam status sebagai sekolah yang berada dalam Naungan Pemerintah Propinsi, tetapi sekolah SMA Budi Mulia berada dalam kapasitas untuk mencerdaskan anak bangsa di Kabupaten Kepulauan tanimbar ini. SMA Budi Mulia tetap membuka diri untuk bekerjasama dengan Pemda KKT dalam memajukan Kabupaten ini ke depan.

Hal ini ditunjukan dengan adanya kerjasama yang baik dari pihak sekolah terhadap setiap event - event yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah KKT. SMA Budi Mulia Saumlaki mengharapkan agar ada perhatian dan kerjasama dari Pemerintah Daerah dengan sekolah, untuk meningkatkan mutu pendidikan anak bangsa yang berada pada jenjang SMA/SMK.

Ada harapan terbesar agar SMA Budi Mulia Saumlaki akan terus maju dengan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu pendididikan, menciptakan generasi penerus bangsa yang tanggap dan siap terpakai dalam dunia pekerjaan. Siap menghadapi persaingan dan kompetisi yang ketat, baik di tingkat lokal maupun global pada dunia modern yang serba digital ini.

Reporter: MK