Pantau Ketersediaan Sembako Jelang Lebaran, Disdag Makassar Sidak Pasar Modern dan Tradisional

Pantau Ketersediaan Sembako Jelang Lebaran, Disdag Makassar Sidak Pasar Modern dan Tradisional

Kamis, 16 Mei 2019


SimpulRakyat, Makassar - Dinas Perdagangan (Disdag) kota Makassar melakukan Inspeksi mendadak (Sidak), di pasar swalayan dan pasar tradisional yang ada di kota Makassar.

Kepala Bidang Perdagangan Abdul Hamid, menuturkan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengecek ketersediaan barang dan mengantisipasi masa berlaku (ekspayer) bahan makanan dalam bulan puasa dan jelang lebaran,

"Sidak ini dilakukan secara acak di semua toko modern baik lokal maupun nasional yang ada di kota Makassar. Termasuk pasar tradisional dalam rangka mengecek ketersediaan sembako dan mengantisipasi masa berlaku produk bahan makanan." kata Abdul Hamid saat melakukan sidak di Toko Top Mode jalan Perintis Kemerdekaan, Kamis (16/5/19).

Pelaksanaan sidak ini, dibagi dua tim. Tim pertama Bidang Perdagangan mengunjungi Toko/Pasar modern, dan tim2  Bidang Perlindungan Konsumen turun ke Pasar tradisional

"Kita intensif melakukan pemantauan dan pengawasan terkait ketersediaan bahan makanan. Apalagi dekat dekat lebaran biasanya mengalami lonjakan permintaan." tandasnya.

Sementara, Kepala Toko Top Mode kepada Wartawan mengungkapkan terbantu dengan adanya sidak di tokonya. Selain menambah pengetahuan tentang UU Konsumen juga menjadi bahan pembelajaran dan evaluasi untuk kemajuan usahanya.

Sidak di Toko Top Mode dipimpin Kepala bidang Perdagangan Abdul Hamid didampingi Kepala seksi pengawasan pengendalian usaha, Abd Razak dan Kasi pengembangan & pembinaan usaha muh Akil.

Hasil sidak siang tadi, di Toko Top Mode Perintis, ditemukan sejumlah bahan makanan yang tidak layak jual, seperti, produk susu yang kemasannya rusak (penyok), produk telur yang dikemas plastik tanpa menyertakan masa ekspayer. Serta ditemukan juga bawang putih yang kisaran harganya terbilang mahal yakni 18.000 sepertempat kilo. (sekitar 72 ribu/kilo).

(Biro Makassar)