Ketua JOIN Bantaeng: Sajikan Berita kepada Pembaca Berdasarkan Fakta

Ketua JOIN Bantaeng: Sajikan Berita kepada Pembaca Berdasarkan Fakta

Editor : Ahmad Alhasni
Sabtu, 18 Mei 2019

Ketua JOIN Bantaeng, Alimin DS. (Foto: Istimewa)

SimpulRakyat.co.id, Makassar - Bulan suci Ramadan 1440 yang dinanti seluruh umat Islam patut menjadi perhatian serius. Seperti diketahui Ramadan yang diartikan sebagai bulan suci untuk membakar seluruh dosa dan kesalahan.

Bagi Ketua JOIN Bantaeng, Alimin DS, Ramadan ini seharusnya dijadikan ruang pembelajaran khususnya bagi setiap jurnalis atau mereka yang mengklaim diri pekerja media atau kuli tinta.

"Bulan Ramadan ini harus betul-betul dimanfaatkan untuk belajar membiasakan diri bekerja dengan baik. Keluar Ramadan nanti kita enak bekerja tanpa hoax," ujar Alimin di Makassar, Jumat (17/05).

Dimaksudkan disini bagaimana seorang jurnalis mampu menyajikan berita kepada pembaca berdasarkan fakta, bukan malah hoax dan cenderung menulis tanpa dasar sama sekali.

Lanjut dia, sikap dan perilaku jurnalis yang kemudian dituangkan ke dalam tulisannya yang demikian sama pentingnya dengan menjaga hati. Tentu media yang diusungnya senantiasa akan mendapat kepercayaan di hati pembacanya.

Pemimpin redaksi media Publikasi Indonesia ini juga menegaskan agar jurnalis menghindari cara-cara yang tidak mengedepankan etika jurnalistik, apalagi sampai harus mengorbankan popularitas ketimbang unsur faktual dan keakuratan data.

"Resepnya belajarlah di bulan Ramadan menuju proses 11 bulan lainnya. Allah Swt dengan jelas melarang kita memfitnah," imbuhnya.

Disebutkan salah satu ayat dalam Kitab Suci Al-Qur'an yakni QS Al-Baqarah: 191 yang artinya kurang lebih adalah "Fitnah lebih kejam dari pembunuhan". (*)