Inilah Amalan Pembuka Gerbang Pertolongan Allah

Inilah Amalan Pembuka Gerbang Pertolongan Allah

Editor: Elya
Jumat, 17 Mei 2019

Ilustrasi

SimpulRakyat.co.id - Hidup akan terasa berat manakala kita tidak mendapat pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Kalau Allah menolong kita, maka hidup akan terasa ringan dan mudah. Sedangkan, kalau Allah tidak menolong kita, maka sesederhana apapun kejadian dalam hidup ini maka akan terasa berat dan besar. Karena sesungguhnya “Laa haulaa walaa quwwata illaa billaah”, makhluk itu tiada daya dan tiada upaya kecuali atas pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Salah satu gerbang pertolongan Allah yang memiliki derajat sangat tinggi adalah Dzikrullah. Inilah amalan terbaik, amalan yang paling mensucikan, amalan yang paling meninggikan derajat, amalan yang lebih baik dari menafkahkan emas dan perak, amalan yang lebih baik dari membunuh atau terbunuh dalam jihad di jalan Allah, itu Dzikrulloh Ta’ala. Karena seluruh perintah dan larangan Allah, muaranya adalah untuk ingat kepada Allah yang berbuah kepatuhan, ketaatan dan kepasrahan kepada-Nya.

Jadi, kualitas seseorang itu tergantung kualitas Dzikirnya. Semakin banyak Dzikirnya, maka semakin tinggi kedudukannya di hadapan Tuhan, karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al Baqarah [2] : 152).

Orang yang paling spesial di hadapan Allah adalah orang yang paling banyak Dzikrullah. Sedangkan semakin jauh dari Dzikir, maka semakin tidak spesial dia di hadapan Allah, dan semakin jauh dari pertolongan-Nya. Semakin banyak Dzikir, semakin dimudahkan oleh Allah agar hatinya menjadi tentram. Sedangkan, semakin jauh dari Dzikir, maka semakin mudah hatinya diselimuti kegalauan dan kegelisahan.

Demikianlah keutamaan Dzikir bagi kita. Dzikir adalah gerbang pertolongan Allah yang sangat utama.

Semoga kita termasuk orang-orang yang Istiqomah mengamalkan Dzikir sehingga mendapatkan derajat yang tinggi di hadapan Allah Swt., dan sangat dekat dengan pertolongan-Nya. Aamiin yaa Robbal’aalamiin. (KH Abdullah Gymnastiar)