Petrus Fatlolon: Pulau Selaru Tidak Bisa Dijadikan Lokasi Shore Base

Petrus Fatlolon: Pulau Selaru Tidak Bisa Dijadikan Lokasi Shore Base

Redaktur Simpul Rakyat
Kamis, 07 Februari 2019

Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon

SimpulRakyat.co.id - Seperti yang dilansir di beberapa media online mengenai rencana pengembangan pulau Selaru untuk kebutuhan melancarkan logistik dan melayani pasokan minyak dan gas oleh perusahaan daerah Panca Karya milik pemerintah propinsi Maluku yang bekerjasama dengan perusahaan swasta PT. Pertamina Trans Kontinental (PTK) dengan Soletanche Bachy International.

Hal tersebut mendapat respon tegas dari Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, yang mana mengatakan bahwa pulau Selaru tidak akan mungkin dijadikan lokasi pangkalan logistic Shore Base (LSB) seperti yang direncanakan.

"Perlu saya tegaskan bahwa pulau Selaru adalah merupakan lokasi pengembangan pertahanan dan keamanan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat, bukan kawasan ekonomi dan industri karena berbatasan langsung dengan benua Australia. Jadi tidak akan mungkin dijadikan pangkalan logistic disana," ungkap Fatlolon saat melakukan konferensi pers, Jumat (01/02) lalu.

Lanjutnya, apabila dalam rangka menyiapkan sarana prasaran untuk kebutuhan minyak dan gas maka yang punya kewenangan menyampaikan hal itu adalah Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Saya mau bilang bahwa penggunanya (user) disini adalah SKK Migas, jadi kalau yang menyampaikan hal tersebut adalah SKK Migas maka saya akan respon. Kalau investor yang mengatakan saya rasa itu sah - sah saja," lanjut Fatlolon.

Seperti diketahui bahwa, Perusahaan Daerah Panca Karya milik pemerintah propinsi Maluku telah menanda tangani kesepakatan (MoU) dengan PT. Pertamina Trans Kontinental (PTK) dan Soletanche Bachy International pada tanggal 17 Januari 2019 lalu di Four - Season Hotel, jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan.

Tujuan penandatanganan kesepakatan (MoU) itu adalah untuk melakukan pengembangan kawasan pangkalan terintegrasi di pulau Selaru dengan tujuan menyiapkan pangkalan Logistic Shore Base bagi perusahaan - perusahaan migas yang nantinya beroperasi di wilayah Arafura, teristimewa Inpex Masela Ltd. | MK