Diskominfo Dorong Pengusaha Pasang CCTV di Area Parkir

Diskominfo Dorong Pengusaha Pasang CCTV di Area Parkir

Senin, 11 Februari 2019


SimpulRakyat.co.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Makassar mendorong seluruh Perusahaan Daerah (Perusda) untuk memanfaatkan konsep smart city yang telah diterapkan di kota Makassar, utamanya penggunaan CCTV.

Plt Kepala Dinas Kominfo Ichwan Jacob mengungkapkan bahwa sejalan dengan konsep Makassar Smart City yang diiniaiasi oleh Wali kota Makassar, pemanfaatan CCTV di setiap lahan parkir khususnya bagi pelaku usaha sangat berpengaruh dalam membantu memantau aktifitas yang terjadi di lapangan.

"Kami menyarankan kepada PD Parkir untuk mendorong Pelaku usaha wajib memasang CCTV di lahan Parkir sesuai Perwali nomor 10 tahun 2018, yang dikoneksikan dengan Warroom. Tujuannya ialah menghindari tindakan kejahatan dan penyalahgunaan di area tersebut, tentunya ini akan menguntungkan pengusaha dan pemerintah." ucap Ichwan, Senin (11/2/19).

Dengan adanya CCTV di area Parkir, menurut Ichwan akan memberikan banyak keuntungan diantaranya memantau kecurangan dan tentunya meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor parkir, juga meminimalisir tindak kejahatan baik pungli maupun itikad tidak baik di lapangan.

"Hal ini akan kami koordinasikan dengan Dinas Perijinan (DPMPTSP) selaku yang bekompoten mengeluarkan ijin usaha untuk memasukkan Perwali sebagai draft acuan, bahwa tidak akan keluar ijin jika tidak ada pernyataan dari pengusaha agar memasang CCTV di tempat usahanya." pungkasnya. (BiMa)