Jurnalis Harus Punya Keberanian dalam Investigasi

Jurnalis Harus Punya Keberanian dalam Investigasi

Redaktur Simpul Rakyat
Kamis, 10 Januari 2019

Ahli dari Dewan Pers, Ronald Ngantung menyajikan materi investigasi pada Diklat JOIN Sulsel di Gedung PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan Sulsel, Jln Adyaksa, kota Makassar, Kamis (10/1). (Foto: IST)

SimpulRakyat.co.id - Ahli dari Dewan Pers, Ronald Ngantung tampil sebagai pemateri berkaitan investigasi pada Diklat JOIN Sulsel bertempat di Gedung PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan Sulsel, Jln Adyaksa, kota Makassar, Kamis (10/1).

Ronald Ngantung menjelaskan, peran investigasi dalam pengembangan sebuah media. "Hal-hal yang menjadi permasalahan serius di tengah masyarakat kemudian viral di Medso maka peran investigasi menjadi penting," ujar Wapimred I Tribun Timur ini.

Viral di Medsos, ujar Ronald Ngantung tidak boleh menjadi bahan berita sebelum dilakukan investigasi secara mendalam tapi harus dilakukan investigasi reporting mendalam.

"Ini agar dapat menghasilkan berita faktual yang mengandung kebenaran dengan sumber-sumber kapabel," tambah Ronald.

Lanjut dikatakan, investigasi reporting tidak hanya dilakukan pada permasalahan belum terungkap tapi kasus yang sudah diketahui umum dan menarik perlu juga dilakukan penyelidikan agar lebih menarik.

Menjadi jurnalis investigasi setidaknya memiliki syarat keberanian disamping kecerdasan mencari sumber-sumber berita.

"Melakukan investigasi memiliki tantangan tersendiri sebab penuh resiko teror. Tapi tak perlu takut asal bekerja sesuai kaidah jurnalistik," tambah mantan Ketua DKP PWI Sulsel ini. (*)