Pengadilan Negeri Saumlaki Laksanakan Sidang Perkara dengan Hakim Tunggal

Advertisement

Pengadilan Negeri Saumlaki Laksanakan Sidang Perkara dengan Hakim Tunggal

Simpul Rakyat
Kamis, 10 Januari 2019

Juru bicara PN Saumlaki, Achmad Yani Tamher. (Foto: Istimewa)

SimpulRakyat.co.id - Pengadilan Negeri Saumlaki mulai tahun 2019 ini dapat menyidangkan perkara dengan menggunakan Hakim tunggal dimana berbeda dari tahun - tahun sebelumnya. Ketika Pengadilan Negeri Saumlaki menggelar sidang perkara biasanya menggunakan tiga orang hakim, tetapi di tahun 2019 ini sudah berbeda.

"Pada tanggal 2 januari 2019 Pengadilan Negeri Saumlaki telah menerima surat masuk dari Mahkamah Agung Republik Indonesia melalui surat dari Yang Mulia Ketua Pengadilan Tinggi  Negeri Ambon nomor W27-U/1421/HK. 01/11/2018, tanggal 6 November 2018 tentang dispensasi atau izin sidang dengan Hakim Tunggal pada Pengadilan Negeri Saumlaki," ujar Achmad Yani Tamher juru bicara PN Saumlaki, Kamis (10/01).

Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia kembali merespon dengan mengeluarkan surat dengan nomor 184/KMA/HK. 01/12/2018, tanggal 7 desember 2018, tentang dispensasi atau izin sidang dengan hakim tunggal.

"Dispensasi atau izin dengan hakim tunggal tersebut diberikan dengan pertimbangan karena Pengadilan Negeri Saumlaki terdapat kekurangan hakim sementara jumlah perkara dari bulan januari 2018 hingga bulan desember 2018 telah memcapai 157 perkara pertahun maka melalui surat dari yang mulia Ketua Mahkamah Agung RI tersebut telah menginstruksikan kepada Pengadilan Negeri Saumlaki untuk dapat menyidangkan perkara pidana dan perkara perdata dengan hakim tunggal.  Dengan tujuan agar tidak terjadi tunggakan perkara yang berlarut - larut," kata Acmad Yani Temher.  (IS)