Iskandar Minta Wartawan Perhatikan Dua Rambu Ini saat Meliput

Iskandar Minta Wartawan Perhatikan Dua Rambu Ini saat Meliput

Sabtu, 12 Januari 2019

Iskandar sedang menjelaskan materi UU Pers No.40 tahun 1999 dan kode etik jurnalistik di pelatihan kehumasan sektor jurnalis dasar di Kantor Yayasan Lembaga Trakendo, Jln. Salemo, Kec. Wajo, Kota Makassar, Jumat (11/1/2019). (Foto: Faried/SimpulRakyat.co.id)

SimpulRakyat.co.id - Di hari ketiga, pelatihan kehumasan sektor jurnalis dasar siap pakai yang diselenggarakan oleh Yayasan Lembaga Travel Kerja Indonesia (Trakendo) dipandu oleh salah seorang jurnalis senior di Sulsel, Iskandar dengan mengupas materi UU tentang Pers No.40 tahun 1999 dan kode etik jurnalistik.

Kegiatan program bantuan hibah Pemerintah Kota Makassar ini berlangsung di Kantor Yayasan Lembaga Trakendo, Jln. Salemo, Kec. Wajo, Kota Makassar, Jumat (11/1/2019).

Saat di depan peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Iskandar menyampaikan bahwa, ada dua rambu yang harus diperhatikan wartawan saat melakukan liputan, yaitu UU Pokok Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

"Kode etik jurnalistik ini dilahirkan oleh kalangan wartawan itu sendiri, jadi bukan aturan dari pemerintahan, sebagai wartawan, kita itu harus cerdas menyesuaikan situasi, dan kondisi dimana kita berada, kalau di lapangan penampilan wartawan bagaimana, kalau masuk di kantor pemerintahan penampilannya bagaimana," jelas Iskandar.

Pelatihan UKW tersebut sempat terjeda dengan masuknya waktu Jumat, kemudian berlanjut setelah sholat dengan materi yang sama.

Faried W