Hati Hati Berkendara, Tilang Elektronik Segera Diterapkan di Makassar

Hati Hati Berkendara, Tilang Elektronik Segera Diterapkan di Makassar

Selasa, 04 Desember 2018


SimpulRakyat.co.id - Tilang kamera atau electronic traffic law enforcement (Etle) dalam rangka penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan bukti rekaman elektronik (kamera CCTV) segera diberlakukan di kota Makassar.

Hal tersebut diutarakan oleh Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sulsel, Kombes  Pol Agus Wijayanto dalam acara FGD di Aula Biru kantor Dirlantas Polda Sulsel jalan AP Pettarani Makassar, Selasa (4/12/2018).

"Penilangan ini dikenakan bagi pengendara yang melakukan pelanggaran di wilayah persimpangan jalan dan wilayah traffic light, dibuktikan dengan jepretan (Capture) kamera CCTV yang terpasang di titik yang sudah ditentukan." jelas Agus Wijayanto.

Jenis pelanggarannya antara lain Tidak pakai helm, melewati atau menginjak garis batas marka (Zebra cross), berboncengan tiga dan masih banyak pelanggaran lainnya. Selanjutnya Pelanggar akan dianalisa identitasnya kemudian STNKnya diblokir sementara, hingga pelanggar membayar sanksi tilangnya.

"Harapannya, kita akan sosialisasikan tilang kamera ini ke masyarakat untuk melihat bagaimana respon masyarakat. Dari situ kita bisa mengetahui apa yang akan dilakukan kedepannya." ucapnya.

Lebih lanjut, Dirlantas mengatakan, Masyarakat tidak perlu takut, karena ini bukan hal yang menakutkan namun ini merupakan alat pendeteksi pelanggaran serta menjadi alat penyadar bagi pengendara agar senantiasa tertib dan taat aturan dalam berlalu lintas.

"Dengan tilang kamera ini kita berharap bisa meminimalkan kecelakaan, mengurangi pelanggaran lalulintas dan menciptakan kota yang aman dan damai, tentunya juga bisa meningkatkan pendapatan daerah di Makassar dan Sulsel pada umumnya." Pungkasnya. (Red2)