Warga Bulukumba Panik Akibat Getaran Gempa, BMKG Makassar Imbau Agar Tetap Tenang

Warga Bulukumba Panik Akibat Getaran Gempa, BMKG Makassar Imbau Agar Tetap Tenang

Simpul Rakyat
Minggu, 07 Oktober 2018



SimpulRakyat.co.id -- Gempa tektonik berkekuatan 4,8 skala richter kembali mengguncang wilayah Sulawesi Selatan yakni Kabupaten Bulukumba, Selayar, dan Bantaeng, Minggu (7/10/2018).

Plt Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Joharman, mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa pada pukul 14:40:32 WITA dengan episenter 5.70 LS – 120.67 BT sekitar 59 km Barat laut Tenggara Bulukumba terjadi gempa dengan magnitudo 4,8 skala richter.

“Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Walanae di wilayah Bulukumba-Sulawesi Selatan,” katanya.


Dia menambahkan, berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa goncangan keras dirasakan di wilayah Bulukumba, Selayar dan Bantaeng dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI).

“Hasil koordinasi hingga saat laporan belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” katanya.

Olehnya itu, kata dia, masyarakat yang ada di tiga daerah tersebut tetap tenang karena gempa yang terjadi tidak berpotensi menyebabkan terjadinya tsunami.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tetap menunggu informasi dari BMKG,” imbaunya.

Muthmainnah, salah satu warga Bulukumba yang dikonfirmasi oleh wartawan SimpulRakyat.co.id membenarkan bahwa gempa tersebut banyak dirasakan oleh warga Bulukumba, warga sempat panik. 

Penulis: Hardiono
Editor: Annisa