Beredar Kabar Pengrusakan 33 Kotak Suara, Begini Klarifikasi KPU Jeneponto

Advertisement

Beredar Kabar Pengrusakan 33 Kotak Suara, Begini Klarifikasi KPU Jeneponto

Simpul Rakyat
Jumat, 29 Juni 2018


SimpulRakyat.co.id --  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jeneponto mengklarifikasi pemberitaan media online beberapa waktu lalu terkait adanya dugaan pengrusakan peti kotak suara yang di lakukan oleh KPPS di Tamalatea, Jumat (29/6/2018). 

Klarifikasi itu disampaikan dalam rapat koordinasi yang membahas indikasi pengrusakan 33 kotak suara di PPK Tamalatea. 

Devisi Tekhnis Perencanaan KPU, Ekawaty Dewi yang hadir dalam rapat klarifikasi tersebut menyampaikan dengan tegas bahwa terkait pemberitaan di media online tentang adanya 33 kotak suara rusak itu tidak benar. 

"Yang sebenarnya setelah kami tinjau langsung di lapangan ternyata Segel Rusak," ungkapnya.



"Segel dirusak karena semua model C dan C1 KWK ada di kotak suara tersebut yang mestinya hanya model C dan C1 KWK yang berhologram tersimpan di dalam peti kotak suara," tambahnya.

Sementara Panwascam Tamalatea, Agus Salim juga mengelak atas pemberitaan tersebut. 

"Bukan kotak suaranya yang rusak, tetapi segelnya dan kami juga Panwascam pastikan bahwa berkas-berkas dalam peti kotak suara tersebut masih utuh dan Aman," tegasnya.

Devisi SDM dan Parmas PPK Tamalatea, Hastomo S.Pd.I menyampaikan dalam rapat koordinasi klarifikasi tersebut sudah ada titik temu oleh beberapa pihak terkait, termasuk Komisioner KPU, PPK, Panwascam serta beberapa Para Team Paslon. (*)